23.9 C
Jakarta

Ukur Dampak Radiasi, BATAN Lakukan Whole Body Counting Terhadap Warga Batan Indah

Baca Juga:

TANGSEL, MENARA62.COM – Untuk mengetahui dampak radiasi radioaktif, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) akan melakukan whole body counting (WBC) terhadap  warga Perumahan Batan Indah. WBC akan dilakukan terhadap 9 warga sebagai sampel dari warga yang berada di kompleks perumahan tersebut.

“Clean up akan terus kita lanjutkan dan hari ini kita juga lakukan whole body counting terhadap 9 warga Perumahan Batan Indah,” kata Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama, Heru Umbara dalam siaran persnya, Ahad (16/2/2020).

Hasil WBC ini diharapkan dapat diketahui setelah dua hari kedepan. Hasil dari WBC ini untuk mengetahui dampak radiasi terhadap warga sekitar.

Heru Umbara memastikan bahwa zat radioaktif yang ditemukan Bapeten bukan berasal dari reaktor yang dimiliki BATAN.

Sementara itu, Sekretaris Utama Bapeten, Hendiyanto menjelaskan ada lima titik yang memiliki radiasi radioaktif diatas ambang batas. Sumber tersebut saat ini sudah ditemukan dan sedang diteliti di laboratorium BATAN.

Sebagai upaya pembersihan area terkontaminasi tersebut, Hendiyanto mengatakan telah bekerja sama dengan BATAN dan akan mempercepat proses pembersihan dengan melakukan clean up area hingga 20 hari ke depan.

Selain itu, Hendriyanto menjelaskan, telah dilakukan analisis terhadap air tanah di sekitar wilayah terpapar. “Terkait dengan air tanah, sudah dilakukan pengukuran dan dipastikan air tanah di sekitar wilayah terpapar radiasi dalam kondisi tidak terkontaminasi,” lanjutnya.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!