26.2 C
Jakarta

UM Palembang Laksanakan PKM Pembenihan Ikan Lele BUMDES Serdang Indah

Baca Juga:

PALEMBANG, MENARA62.COM – Sebagai wujud pelaksanaan catur darma Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), tim Dosen Universitas Muhammadiyah Palembang yang terdiri dari Dr. Helmizuryani, S.Pi., M.Si (Ketua), Ir. Dasir, M.Si., dan Dr. Diah Isnaini Asiati, S.E., M.Si., melakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tersebut sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat pada Kelompok Usaha Pembenihan Ikan lele BUMDES Serdang Indah Desa Serdang Menang Kecamatan SP Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Rangkaian kegiatan berupa penyuluhan dan pelatihan pembenihan ikan, pelatihan budidaya pakan alami (cacing sutra), pelatihan pembukuan usaha dan pemasaran produk, pendampingan usaha dan pemberian bantuan sarana prasarana berupa kolam terpal, kolam, budidaya cacing sutra, indukan lele bersertifikat, sumur bor serta pompa air.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai realisasi program PKM yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia tahun 2022 yang dilaksanakan mulai bulan Mei 2022 dan akan berakhir pada bulan November 2022 dengan melibatkan 3 mahasiswa Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang sebagai wujud pelaksanaan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).

Kegiatan yang diberikan oleh tim saat ini telah mampu mendorong motivasi dan inovasi pada usaha yang dijalankan oleh mitra. Saat ini usaha pembenihan ikan lele yang dilakukan telah dapat berjalan dengan baik guna menghasilkan bibit ikan lele yang baik bagi usaha budidaya ikan lele.

Kesulitan teknis yang dialami berupa rendahnya persentase bibit yang hidup dan kesulitan mendapatkan pakan alami (cacing sutra), dengan bantuan peralatan sarana dan prasarana yang diberikan tim pengabdi telah dapat diatasi.

Program kemitraan masyarakat ini diharapkan mampu membangun sinergi antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan dunia indusri (DUDI) dalam rangka menunjang program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang tengah giat-giatnya di programkan oleh pemerintah.

(RZP/Riil)

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!