29.6 C
Jakarta

Usung Slogan Adibasa Adiwangsa, Kongres Bahasa Indonesia XII akan Digelar 2023

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kemendikbudristek akan menggelar Kongres Bahasa Indonesia (KBI) XII. Mengusung slogan Adibasa, Adiwangsa dan tema Literasi dalam Kebinekaan untuk Kemajuan Bangsa, kegiatan KBI XII tersebut rencananya digelar pada 26-29 Oktober 2023 di Jakarta.

Kepala Badan Bahasa Endang Aminudin Aziz menjelaskan tema KBI XII mengandung makna bahwa penguatan literasi baca tulis perlu ditumbuhkan dan kesadaran tentang kebinekaan yang menjadi fakta keindonesiaan yang meliputi adat istiadat, suku bangsa, bahasa dan agama. Kebinekaan yang merupakan keniscayaan bangsa Indonesia tersebut adalah asset yang dapat menjadi kekayaan dan kekuatan untuk merajut rasa bangga sebagai bangsa yang beragam.

“Kekuatan inilah yang akan menjadi modal untuk memajukan bangsa,” tegas Aminudin pada Taklimat Media Peluncuran EYD edisi V, tema dan logo Kongres Bahasa Indonesia (KBI) XII, Kamis (18/8/2022).

Tema KBI XII lanjut Aminudin akan dikembangkan dalam tiga subtema yang selaras dengan tiga program prioritas Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yakni revitalisasi bahasa dan sastra daerah, literasi bahasa dan sastra Indonesia, serta penginternasionalan bahasa Indonesia yang bermuara pada peningkatan literasi bahasa dan sastra daerah, juga literasi bahasa dan sastra bahasa Indonesia.

Menurut Aminudin, kesadaran tentang keberadaan bahasa daerah, bahasa Indonesia, dan bahasa asing dengan memperhatikan kedudukan dan fungsi bahasa-bahasa tersebut dapat membentuk jati diri yang kuat dan daya saing yang unggul demi memajukan bangsa dan negara Indonesia. Cita-cita menuju bangsa yang unggul dengan modal kebahasaan dan kesastraan yang kuat tersebut diungkapkan dengan slogan KBI yaitu Adibasa, Adiwangsa. “Adibasa mengandung makna kehebatan bahasa dan adiwangsa bermakna kehebatan bangsa,” tukas Aminudin.

Adapun logo KBI XII melambangkan tiga program unggulan Badan Bahasa yakni revitalisasi bahasa dan sastra daerah, literasi bahasa dan sastra Indonesia, serta penginternasionalan bahasa Indonesia. Ketiga program inilah yang akan menjadi payung besar bagi kerja-kerja kebahasaan dan kesastraan yang dipumpunkan pada peningkatan literasi yang menjadi tema utama KBI.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!