27.3 C
Jakarta

Webinar Parenting SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Akan Hadirkan Psikolog Elly Risman

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Era digital dan Era Teknologi, penting bagi orang tua untuk meningkatkan ilmu parenting dalam mengasuh anak-anak. SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menghadirkan pakar psikolog anak, Elly Risman, S.Psi dalam acara webinar parenting, Ahad (18/2/2024). Tema yang dibahas adalah My Parents-My Bestie.

Kegiatan webinar tersebut merupakan kerja sama SMP Muhammadiyah PK dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) cabang Solo. Acara akan dimulai pukul 08.30 s.d. 11.30 WIB melalui zoom meeting.

Kepala Sekolah, Muhdiyatmoko, M.Pd. menekankan pentingnya webinar parenting karena mengasuh anak dan membersamai anak di era sekarang yang notabene arus informasi yang begitu deras diperlukan update keilmuan. Apalagi tema yang diangkat dalam webinar bersama pakar psikolog anak nasional, Ibu Elly Risman, adalah My Parents, My Bestie. Melalui tema tersebut, orang tua akan diajak membahas bagaimana bagaimana menjadi orang tua yang bersahabat bagi anak-anaknya. “Dengan hubungan yang dekat dan nyaman antara anak-anak dan orang tua maka persoalan yang dihadapi anak bisa diselesaikan. Orang tua menjadi tempat curhat dan berkeluh kesah anak,” jelasnya.

Muhdiyatmoko mengajak kepada para orang tua dan guru dalam keluarga besar SMP Muhammadiyah PK dan Perguruan Muhammadiyah PK Kottabarat serta orang tua alumni untuk bisa mengikuti webinar parenting tersebut. Ia menambahkan kedekatan antara orang tua dan anak akan meminimalisir anak curhat permasalahan yang dihadapi di media sosial. Jika anak curhat kepada orang tua maka orang tua bisa memahami dan memberikan solusi terhadap permasalahan anak. Coba bayangkan jika anak curhat di media sosial maka akan dibaca oleh banyak orang dan respon yang diberikan tidak sesuai.  “Kami berharap melalui webinar parenting hubungan antara anak dan orang tua semakin dekat dan lekat. Sesuai teori, semakin anak dekat dengan orang tua maka potensi anak akan semakin mudah dimaksimalkan,” harapnya.

Terkait prestasi belajar di sekolah, Muhdiyatmoko menjelaskan hubungan kedekatan orang tua dan anak mempengaruhi prestasi di sekolah. “Ada korelasi yang signifikan antara kedekatan anak dengan orang tua terhadap prestasi di sekolah. Berdasarkan yang saya amati, profil anak-anak yang memiliki prestasi adalah anak-anak yang sangat dekat dengan orang tuanya atau sebaliknya,” tambahnya.

Hal serupa disampaikan Ustazah Dhea Ajeng Gading Paninggar, S.Pd., Guru Bimbingan Konseling, tema My Parent My Bestie bisa menjawab keresahan orang tua. Menurutnya ada orang tua yang beranggapan susah sekali masuk ke dunia anak-anak, fase anak menuju remaja awal. “Banyak orang tua yang kesusahan untuk masuk ke dunia anak dan memahami keinginan anak. Orang tua kebingungan mereka harus bersikap seperti apa dan mau tarik ulur seperti apa. Anak-anak pun sudah mungkin merasa ada yang merasa tidak nyaman dengan orang tua sendiri jika mau bercerita dan curhat,” jelasnya.

Moderator webinar parenting tersebut berharap orang tua bisa mengambil ilmu dalam webinar parenting. Ilmu tersebut menjadi jembatan penghubung komunikasi antara anak-anak dengan orang tua agar terjalin komunikasi yang bagus. “Saling sinergi antara guru di sekolah dan orang tua di rumah dalam mengayomi anak-anak saat masa tumbuh kembang ke arah yang baik,” pungkasnya. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!