27.5 C
Jakarta

Workshop Wirausaha Merdeka UMS, Cara Membangkitkan Semangat Berwirausaha

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM – Dalam rangka mendorong sekaligus memfasilitasi mahasiswa dalam menjalankan dan mengembangkan wirausaha, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) adakan workshop Program Wirausaha Merdeka (WMK) di Gedung Induk Siti Walidah, Senin (5/9/2022).
Program Wirausaha Merdeka kali ini berfokus pada memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri menjadi calon entrepreneur, melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Kegiatan tersebut  dihadiri 250 mahasiswa yang datang di UMS dan 500 mahasiswa secara daring.
Narasumber dalam acara ini menghadirkan Drs. Wasono Nurhadi. MSi, dengan tema materi Membangkitkan Semangat Wirausaha, kemudian narasumber ke dua M. Musrofi dengan materi Pengenalan Potensi dan Bakat Bisnis, dan narasumber ke tiga, Dodok Sartono, SE. MM dengan membawakan materi Motivasi Usaha dan  terakhir Agung Purnomo dengan materinya, Strategi Business Ekspor Impor.
Selaku narasumber pertama  Wasono Nurhadi, menyampaikan motivasi usaha harus memiliki tekad yang kuat. Bahkan motivasi usaha adalah  salah satu bagian penting yang harus ada dalam setiap pebisnis baik yang masih baru maupun sudah berpengalaman.
“Meningkatkan motivasi usaha bisa dilakukan dengan cara pantang menyerah dan tidak mudah patah semangat,” ujarnya.
Sedangkan, Dodok Sartono  menyampaikan, guna mendapatkan motivasi usaha, seorang pebisnis juga harus memiliki tujuan yang ingin dicapai. Baik itu saat pertama kali mencoba atau ketika sedang berjalan.
“Sebelum mewujudkan tujuan besar, cobalah penuhi target yang bisa dilakukan saat ini. Jika satu target berhasil dicapai, maka bisa berlanjut ke target berikut dan begitu seterusnya. Dengan begitu, motivasi kalian akan terus ada untuk mencapai target tersebut,”  terangnya.
Wasono Nurhadi juga menyampaikan harapannya semoga dari kegiatan ini kalian bisa menjadi pebisnis muda yang bisa meningkatkan motivasi untuk usaha dengan selalu fokus pada apa yang dikerjakan saat ini.  (Alvin)
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!