25.6 C
Jakarta

5 Faktor Obesitas Pada Anak

Baca Juga:

 

JAKARTAMENARA62.COM – Obesitas bukan hanya penyakit yang diderita orang dewasa. Anak-anak pun bisa terkena obesitas, dan salah satu faktor yang memengaruhi obesitas pada anak adalah pola asuh orangtua.

Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Doddy Izwardi, mengatakan faktor lain yang dapat memengaruhi terjadinya obesitas pada anak yaitu pola asuh orang tua terutama pola pemberian makan.

Pola pemberian makan yang berdampak pada terjadinya obesitas pada anak mulai dari rendahnya ASI Eksklusif karena tergoda memberikan susu formula yang tinggi lemak dan mengandung gula, sampai pada pemberian makanan rendah protein namun tinggi gula, garam, dan lemak, salah satunya adalah makanan instan.

Secara umum, obesitas disebabkan oleh tiga faktor umum yakni faktor perilaku, lingkungan, dan genetik. Selain faktor pola asuh (pola makan anak) dan teknologi.

Faktor genetik menyumbang 10-30 persen terhadap risiko obesitas pada anak. Sementara faktor perilaku dan faktor lingkungan dapat mencapai 70 persen.

Doddy mengatakan, beberapa penelitian juga menyatakan bahwa perkembangan teknologi yang pesat berkontribusi pada peningkatan prevalensi kegemukan, tanpa disadari teknologi menggiring kita untuk bergaya hidup sedentary di antaranya kurang beraktivitas fisik, makan makanan instan, dan kurang mengonsumsi buah dan sayur.

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!