26.7 C
Jakarta

‘Aisyiyah Boarding School Bandung Kuatkan Kemandirian Ekonomi Dengan Mendirikan ABS Mart, Cafe, dan Pabrik Roti

Baca Juga:

 

BANDUNG, MENARA62.COM – ‘Aisyiyah Boarding School (ABS) Bandung melaksanakan grand opening ABS Mart, ABS Cafe, dan pabrik roti ABS pada Sabtu (22/1/2022). Acara yang bertempat di pengembangan kompleks pendidikan ABS Bandung Jl. Laswi No. 308 Baleendah, Kabupaten Bandung ini dihadiri oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat  (PP) ‘Aisyiyah, Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA), Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) ABS Bandung, Pimpinan ABS Bandung, Ketua Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan PWA, kelompok BUEKA, serta para santriwati.

Siti Noordjannah Djohantini, Ketua Umum PP ‘Aisyiyah menyampaikan apresiasinya atas resmi berdirinya ABS Mart, ABS Cafe, dan pabrik roti ABS ini. Ini menunjukkan kerja-kerja ikhtiar yang luar biasa dari PWA Jawa Barat dengan seluruh jajaran bersama Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah yang berkolaborasi secara intensif dan berkesinambungan.

Walaupun disebut amal usaha, ABS Bandung ini masih capernik alias kecil tapi bagi Noordjannah tetap indah, cantik, bermutu, dan berkualitas. “Dari hal yang kecil itu banyak hikmah yang kita dapatkan. Muhammadiyah punya kultur sabar, kuat, dan sungguh-sungguh sehingga dari yang kecil itu akan berkembang,” ujarnya. Noordjannah menekankan agar semua upaya yang dilakukan ‘Aisyiyah Muhammadiyah itu jangan pernah merasa kecil tetapi memandang ke depan karena akan terbuka kesempatan untuk menjadi besar. “Kita tidak pernah merasa kecil tapi juga jangan selalu merasa sudah besar tapi dari yang kecil terbuka untuk terus menjadi besar dan yang besar di Muhammadiyah tidak boleh mengecil harus bertahan kebesarannya dengan meningkatkan kualitasnya.”

Ia’ Kurniati, Ketua PWA Jawa Barat menyebut bahwa ABS Bandung akan terus berbenah dan mengembangkan diri termasuk dengan mengembangkan program ekonomi produktif yang bertujuan untuk memperkuat kemandirian pesantren. Salah satunya adalah dengan mendirikan ABS Mart, ABS Cafe, dan pabrik roti ABS yang mengambil tempat di pengembangan kompleks pendidikan ABS yang sedang melaksanakan pembangunan di atas lahan seluas 20.000 m2 di Baleendah Kab. Bandung. PWA Jawa Barat juga bekerjasama dengan PDA untuk dapat melalui ABS Mart dan ABS Café memasarkan produk ibu-ibu anggota Bina Usaha Ekonomi Keluarga ‘Aisyiyah (BUEKA) se-Jawa Barat.

Ketua MEK PWA Jawa Barat, Suheti Edi menyampaikan pemberdayaan ekonomi yang dilakukan ‘Aisyiyah melalui BUEKA terintegrasi dalam strategi pengembangan perempuan di komunitas. “Pemberdayaan ekonomi dapat meningkatkan kesejahteraan perempuan dan kemandirian perempuan yang pada akhirnya dapat menghasilkan kesejahteraan perempuan dan keluarga.”

Meski demikian ia menyebut bahwa perempuan justru memiliki keterbatasan dalam akses layanan pemberdayaan ekonomi. BUEKA menurut Suheti merupakan bentuk dakwah ‘Aisyiyah di bidang ekonomi dalam bentuk pemberdayaan ekonomi perempuan yang dikembangkan oleh ‘Aisyiyah sesuai dengan potensi ekonomi masing-masing. Dari 97 kelompok BUEKA yang didampingi oleh PWA tercatat bahwa 85% bergerak dalam usaha kuliner serta makanan ringan. Maka kesempatan untuk bekerjasama antara ABS Mart dan ABS Café dengan anggota BUEKA membuka kesempatan untuk memperluas pemasaran produk-produk BUEKA.

Zamzam Erawan, Sekretaris PWM Jawa Barat dalam sambutan singkatnya juga menyampaikan selamat dan sukses atas berdirinya ABS Mart, ABS Cafe, dan pabrik roti ABS. Ia menyampaikan dalam pantun ringan “Mang Mamat sama Ceu Isyah berdakwah dalam cara nyata, selamat untuk ‘Aisyiyah bertambah amal usahanya, semoga sukses terus maju dan ABS harus menjadi unggul Islami dan menebar keberkahan.” (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!