23.9 C
Jakarta

Arniza Nilawati: Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Palembang Harus Berperan Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Desa

Baca Juga:

Palembang, menara62.com – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Arniza Nilawati, S.E., M.M., mengajak mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Palembang untuk mengambil peran dalam meningkatkan kualitas pendidikan di desa.

Hal ini disampaikan Anggota DPD RI asal Sumatera Selatan tersebut saat menjadi pemateri dalam acara pembekalan bagi 1215 mahasiswa KKN Angkatan Ke-59 Universitas Muhammadiyah Palembang, pada Kamis (5/1/2023) yang bertempat di Auditorium Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumsel.

Turut hadir dalam acara tersebut, Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., Wakil Rektor, Kepala LPPM Dr. Ir. Gusmiatun, M.P., Dr. H.R. Bambang Pramono, M.Si., Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Sumsel., Karna, S.Pi., M.Si., Dinas Perikanan Sumsel, Mediheryanto, S.H., M.H., Kepala BKKBN Prov Sumsel., dan Surpriyanto, S.Pd., M.Si., Kepala KESBANGPOL Kabupaten Banyuasin.

Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia melalui pendidikan, menurut Arniza Nilawati mahasiswa KKN saat menjalankan programnya nanti dapat memberikan akses pendidikan bagi remaja maupun orang tua yang tidak bisa melanjutkan sekolah karena situasi tertentu sehingga tidak bisa melanjutkan program sekolah formal.

Karena menurutnya pemerintah selalu menempatkan isu pembangunan sumber daya manusia dan akses pendidikan sebagai isu prioritas. Oleh karena itu, partisipasi publik diharapkan mampu menyelesaikan hal-hal yang masih belum terjangkau karena pemerintah tidak bisa bekerja sendiri.

“Inisiatif seperti ini jarang terfikirkan oleh orang lain, semangat dan kepedulian mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Palembang terhadap pendidikan diharapkan mampu diterapkan di lokasi posko KKN nanti” ungkapnya.

Lebih lanjut Arniza Nilawati juga memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa KKN Angkatan Ke-59 Universitas Muhammadiyah Palembang agar terus berusaha dan berdoa. Hal ini penting untuk memperoleh ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dirinya juga mengatakan bahwa konsistensi dan pola pikir yang baik menjadi kunci sukses dalam kuliah. Karenanya ia meminta kepada mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Palembang untuk banyak bergaul dan membaur bersama masyarakat saat berada di wilayah KKN.

Hal ini penting agar mahasiswa dapat mengetahui berbagai perkembangan dan isu isu strategis di masyarakat dan dapat memberkan solusi yang diperlukan untuk menyelesaikan berbagai masalah di masyarakat.

Selain itu sebagai mahasiswa KKN harus membaur bersama masyarakat di lokasi KKN untuk dapat mengetahui berbagai perkembangan dan agar dapat memberikan solusi terhadap berbagai perkembangan dan masalah yang ada di masyarakat. ”Hal ini juga menjadi tempat kita latihan dalam memberikan manfaat bagi masyarakat luas” ujarnya.

(RZP/Riil)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!