31.1 C
Jakarta

Universitas Saintek Muhammadiyah Gelar Wicara Industri

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM — Mengawali tahun 2023 dengan semangat perubahan menuju ke arah yang lebih baik, Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Saintek Muhammadiyah (FAKOMBIS USM) menggelar Gelar Wicara (Talkshow) Industri dan Sharing Praktisi bertema “Mengasah Mental dan Skill Profesional di Era Digital” pada Rabu (4/1/2023) di Kampus USM, Ciracas, Jakarta Timur.

Dipandu Arina Nurrohmah, Ketua Program Studi Film & TV yang juga merupakan jurnalis dan pembaca berita di TVMU (Televisi Muhammadiyah), talkshow ini menghadirkan tiga praktisi muda dari berbagai bidang, yaitu Dini Farhana (Senior Account Lead Heroleads Indonesia), Said Nurhidayat (Film Producer Crazyone Films), dan Muhammad Faizal Anshori (CEO Saudagaran.id). Para narasumber membagikan pengalaman mereka menekuni dunia professional selama ini dan bagaimana para mahasiswa harus mempersiapkan diri agar bisa tetap bersaing di era digital saat ini.

Dini Farhana yang akrab dipanggil Farah, menjelaskan beberapa hal penting yang harus dipupuk mahasiswa sejak bangku kuliah di antaranya disiplin dengan manajemen waktu dan kemauan untuk selalu update dengan perkembangan teknologi terkini. “Karena perkembangan teknologi sangat pesat, teman-teman sekarang harus selalu up to date. Jangan sampai tertinggal dengan perkembangan teknologi.”

Di hadapan mahasiswa, Dekan FAKOMBIS USM Raihan Febriansyah menyampaikan bahwa kegiatan talkshow seperti ini merupakan komitmen universitas untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman mahasiswa agar tidak mendapatkan ilmu hanya dari para dosen, tetapi juga bisa mendapatkan ilmu praktis langsung dari para praktisi.

Talkshow ini diadakan Fakultas, dengan harapan, para mahasiswa bisa mendapatkan sharing langsung dari para praktisi muda. Mereka yang sudah lebih dulu menekuni dunia profesional. Agar rekan-rekan mahasiswa mendapatkan gambaran riil persaingan ketat di dunia profesional,” kata Raihan.

Senada, Rektor USM, Faiz Rafdhi, ketika membuka acara menyampaikan pentingnya membekali diri dengan skill atau keterampilan teknis yang memang dibutuhkan oleh pasar dewasa ini. Namun tidak cukup pada skill, yang lebih penting adalah mahasiswa harus memiliki mindset dan mental yang siap untuk bersaing pada era digital sekarang ini.

Faiz yang juga merupakan Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia (Infokom MUI) DKI Jakarta ini berpesan, “Era digital memang banyak merubah segala aspek kehidupan, termasuk bagaimana persaingan di dunia profesional maupun dunia usaha. Penting untuk para mahasiswa mempersiapkan dirinya sejak masih di bangku kuliah, agar nantinya ketika terjun ke dunia industri, tidak kagok dan mampu menjadi talenta yang diminati oleh industri.”

Talkshow berlangsung lancar dan menarik. Para mahasiswa antusias mengikuti acara hingga selesai. Agenda pun ditutup dengan teriakan yel-yel penuh semangat oleh para mahasiswa, “USM… Unggul, Sinergi, Madani!” (MRF)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!