34.1 C
Jakarta

ASTRA Tol Cipali Tambah Fasilitas Tol dan Infrastruktur pada Lebaran 2023

Baca Juga:

KERTAJATI, MENARA62.COM – Menghadapi arus mudik dan arus balik pada Lebaran 2023 ini, PT Lintas Marga Sedaya yang kini memiliki branding name ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Tol Cipali) memprediksi adanya kenaikan volume lalu lintas. ASTRA Toll Cipali memprediksikan arus lalin di Ruas Tol Cikopo-Palimanan pada periode arus mudik lebaran 2023 sebesar 4,1% dibandingkan dengan tahun 2022 pada periode yang sama.

Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali Firdaus Azis mengatakan sebanyak 121 ribu kendaraan diprediksi akan melintas di Ruas Tol Cipali pada puncak arus mudik di H-3 atau di tanggal 19 April 2023.

“Kami memprediksi peningkatan arus mudik di Tol Cipali akan meningkat 4,1% atau sebanyak 121 ribu kendaraan akan melintas pada H-3 arus mudik.Sedangkan prediksi arus balik sebanyak 139 ribu kendaraan akan melintas pada H+3 setelah lebaran,” ucap Firdaus pada acara Media Gathering di Kertajati, Jawa Barat, Jumat (14/4/2023).

Firdaus menjelaskan ASTRA Tol Cipali siap mendukung arus mudik dan balik Lebaran ini dengan meningkatkan fasilitas dan infrastruktur untuk memberi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan tol.

“Dengan tidak adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada arus
mudik dan balik 2023, kami selaku pengelola Ruas Tol Cipali siap memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jalan.

ASTRA Tol Cipali juga telah menyelesaikan pekerjaan pelebaran lajur ke-3 di depan rest area KM 86, 102 dan 130 di tanggal 13 April 2023.

“Pelebaran lajur ke-3 dengan skala prioritas di depan rest area diharapkan dapat mengurai kepadatan yang terjadi. Sedangkan pelebaran pertemuan antara JasaMarga dengan ASTRA Tol Cipali akan dimulai kembali setelah lebaran,” kata Firdaus.

Dalam mewujudkan jalan tol yang aman, nyaman dan lancar, Firdaus mengatakan, tentunya ASTRA Tol Cipali menyiapkan berbagai antisipasi dalam mencegah terjadinya penumpukan kendaraan dibeberapa titik seperti rest area yang menjadi lokasi favorit para pengguna jalan dalam beristirahat.

“Salah satunya dengan pengaturan waktu istirahat di rest area yang bekerjasama dengan Kepolisian wilayah apabila kapasitas daya tampung di rest area sudah memasuki 70% dengan melakukan imbauan untuk dapat beristirahat di rest area selanjutnya ataupun keluar gerbang tol terdekat agar dapat beristirahat dengan maksimal,” tuturnya.

Tambah Fasilitas Rest Area

Menurut Firdaus, dengan adanya peningkatan volume lalu lintas selama arus mudik lebaran 2023, ASTRA Tol Cipali juga menambah berbagai fasilitas di rest area demi meningkatkan kenyamanan pengguna jalan dengan penambahan toilet di rest area KM 86 arah Jakarta dan Cirebon sebanyak 15 bilik dan 10 urinoir serta di rest area 130 arah Jakarta dengan penambahan 32 bilik toilet.

Tidak hanya itu, kapasitas kantong parkir yang berada di rest area KM 86 arah Jakarta dan Cirebon di Ruas Tol Cipali mampu menampung kendaraan sampai dengan 150 kendaraan. Dan rest area KM 130 arah Jakarta dan Cirebon dapat menapung 350 kendaraan pemudik. Untuk rest area tipe A yang berada di KM 102, 101, 166 dan 164 memiliki kapasitas kantong parkir lebih dari 700 kendaraan.(*)

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!