32.4 C
Jakarta

BULOG Peduli UMKM Bantu Keluarga Perintis Kemerdekaan

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Sebagai salah satu bentuk rasa penghargaan kepada para Pejuang Perintis Kemerdekaan serta rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Perum BULOG melalui program “BULOG Peduli UMKM” memberikan bantuan kepada 45 Perintis Kemerdekaan dan keluarga Perintis Kemerdekaan di Provinsi DKI Jakarta.

Pemberian bantuan ini juga disertakan dengan pemberian pelatihan kewirausahaan dan pengenalan program jaringan “Rumah Pangan Kita” (RPK) kepada Perintis Kemerdekaan penerima bantuan tersebut yang dilaksanakan di Corporate University Perum BULOG pada Rabu (31/08).

Direktur Human Capital Perum BULOG Purnomo Sinar Hadi dalam sambutannya pada pembukaan pelatihan tersebut mengatakan bantuan tersebut merupakan paket usaha Rumah Pangan Kita (RPK) senilai Rp 6.650.000,-. Perintis kemerdekaan yang mendapat bantuan dapat mendirikan usaha toko dan menjual bahan pokok langsung dari Perum BULOG dan secara langsung menjadi RPK binaan.

“Ini bentuk kepedulian pemerintah melalui program BUMN dengan tagline “BULOG Peduli UMKM untuk para Perintis Kemerdekaan”. Kegiatan ini juga selaras dengan salah satu prioritas bidang pembangunan yang menjadi agenda nasional tahun 2022, yaitu pengembangan UMKM,” kata Purnomo.

Skema penentuan penerima manfaat untuk bantuan BULOG Peduli UMKM telah dikoordinasikan berdasarkan rekomendasi data dari Kemensos dan Dinsos Provinsi DKI Jakarta. Bantuan yang diberikan kepada penerima manfaat berbasis pada produk BULOG antara lain seperti beras, gula kristal, dan minyak goreng. Selain itu penerima manfaat juga mendapatkan media promosi RPK.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Premi Lasari menyampaikan harapannya semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik bagi para perintis kemerdekaan dan keluarga perintis kemerdekaan khusus dalam penguatan finansial dan pemulihan ekonomi akibat Pandemi seperti saat ini.

“Mungkin bantuan ini tidak seberapa jika dibandingkan dengan jasa para pahlawan. Ini merupakan tanda terima kasih kami kepada Bapak yang telah berjuang merebut kemerdekaan Indonesia,” kata Premi Lasari saat menyambangi salah satu rumah keluarga Perintis Kemerdekaan.

Wimo Soemanto (96), salah satu pejuang perintis kemerdekaan, mengaku senang diberikan modal usaha tersebut, meski kondisi kesehatannya kini sudah menurun namun Wimo tetap semangat akan menjalankan usaha barunya ini.

“Terima kasih sudah diberikan bantuan. Usaha ini nantinya juga bisa diteruskan oleh anak saya sebagai tambahan pemasukan,” kata Wimo.

Perum BULOG berkomitmen untuk terus berinovasi dalam merancang berbagai program yang memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui pembinaan dan pengembangan UMKM, utamanya bagi para pejuang dan keluarga pejuang perintis kemerdekaan. Secara lebih jauh, keberadaan UMKM binaan diharapkan mampu menjadi bagian dari mata rantai operasi bisnis Perum BULOG, sehingga dapat terjalin hubungan harmonis yang saling menguntungkan.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!