33.3 C
Jakarta

Cuaca Ekstrem Ancam Sulsel! Kapolda Ajak Pemuda Muhammadiyah Bersatu Hadapi El Nino

Baca Juga:

Makassar – Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian Jayadi Kapolda mengajak Pemuda Muhammadiyah berkolaborasi menghadapi berbagai persoalan bangsa. Ia mengangkat dua isu penting yang membutuhkan keterlibatan kaum muda, yakni dampak El Nino dan Pilkada 2024.

 

Hal itu ia sampaikan saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan Musyawarah Wilayah (Musywil) XVIII Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Selatan pada Jumat (26/4/2024) di Asrama Haji Sudiang, Makassar.

 

Musywil Pemuda Muhammadiyah Sulsel itu dihadiri Pj Gubernur Sulsel, Dr. Bahtiar Baharuddin, Ketua Komisi VIII DPR RI Dr Ashabul Kahfi dan para tokoh Muhammadiyah, serta ratusan aktivis Pemuda Muhammadiyah se- Sulsel.

 

“Kita tidak bisa bekerja sendiri, harus berkolaborasi dan bersinergi dengan semua elemen, termasuk pemuda Muhammadiyah,” tegas Kapolda dalam sambutannya.

 

Irjen Pol Andi Rian Jayadi menyampaikan kekhawatiran mengenai fenomena El Niño yang belum sepenuhnya berakhir. Ia menyebutkan bahwa beberapa wilayah di dunia mengalami suhu yang sangat tinggi, bahkan mencapai 45 derajat Celsius, yang menyebabkan kematian.

 

Meskipun Sulawesi Selatan belum mengalami suhu se-ekstrem itu, Kapolda menekankan pentingnya kewaspadaan terhadap potensi dampak El Niño yang bisa meningkatkan suhu dan mengurangi curah hujan.

 

Andi Rian Jayadi juga menekankan pentingnya menjaga suasana kondusif sebagai kunci sukses pelaksanaan Pemilu yang aman dan damai. Ia mengingatkan bahwa pemilihan kepala daerah adalah momen penting yang tidak hanya mempengaruhi stabilitas politik lokal, tetapi juga nasional.

 

Kapolda juga menggarisbawahi pentingnya partisipasi pemuda, khususnya dari Pemuda Muhammadiyah, dalam mengawasi jalannya Pilkada. Ia berharap pemuda bisa aktif dalam proses demokrasi dan memberikan kontribusi positif untuk menyukseskan Pilkada.

 

*Siap Berkolaborasi*

 

Menanggapi ajakan Kapolda, Ketua Pemuda Muhammadiyah Sulsel yang baru terpilih, Heriwawan, menyatakan kesediaannya untuk berkolaborasi dalam menghadapi cuaca ekstrem dan menjaga kondusivitas jelang Pilkada.

 

“Kami, Pemuda Muhammadiyah Sulsel, siap berkolaborasi dengan Polda Sulsel dan badan-badan terkait untuk melakukan upaya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan cuaca yang ekstrem,” ucap Heriwawan, di Makassar, Senin 29 April 2024.

 

Ia menambahkan, di Pemuda Muhammadiyah ada bidang lingkungan hidup, yang sedang menyiapkan program untuk edukasi Masyarakat terkait tantangan cuaca tersebut.

 

Mengenai Pilkada serentak 2024, Ketua Pemuda Muhammadiyah Sulsel menyatakan bahwa Pemuda Muhammadiyah siap berpartisipasi mengawal Pilkada 2024.

 

“Kami mengapresiasi upaya Kapolda dan jajaran dalam menjaga keamanan jelang Pilkada. Kami siap untuk menjadi mitra dialog dan kerja yang baik untuk polisi dalam menciptakan suasana yang kondusif,” tutup Heriwawan yang baru saja terpilih sebagai Legislator DPRD Sulsel dalam Pemilu 2024 lalu.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!