26.7 C
Jakarta

Dosen S1 Gizi ITS PKU Muhammadiyah Melaksanakan PKM di Acara Diklat DSD HW Surakarta

Baca Juga:

 

 

SOLO, MENARA62.COM – Dosen dari Fakultas Ilmu Kesehatan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta Prodi S1 Gizi mengadakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) pada acara Diklat Dewan Sugli Daerah (DSD) Hizbul Wathan (HW) Surakarta di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, Sabtu (22/01/2022) dengan peserta 46 orang dari perwakilan SMA dan SMK. ITS PKU Muhammadiyah Surakarta melalui Prodi S1 Gizi mengadakan 3 kegiatan sekaligus berupa pengukuran status gizi para peserta Diklat dalam pencegahan obesitas pada remaja dan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan dan pendidikan kesehatan dari 2 tim penerima hibah.

Disampaikan oleh Dewi Pertiwi DK., S.Gz., M. Gizi Kaprodi S1 Gizi ITS PKU Muhammadiyah Surakarta bahwa S1 gizi mengadakan kegiatan bekerja sama dengan Dewan Sugli Daerah Hizbul Wathan Surakarta yang sedang melakukan diklat. “Sedangkan kami mengadakan 3 kegiatan sekaligus terkait Himpunan Mahasiswa Gizi (Himagizi) ITS PKU Muhammadiyah Surakarta dalam rangka memperingati  Hari Ulang Tahun Gizi Nasional ke-62 dengan tema cegah obesitas pada remaja dengan melakukan pengukuran status gizi terhadap peserta Diklat DSD HW dan memberikan makanan tambahan dalam mencegah obesitas dengan memberikan puding buah yang tinggi berserat berkorelasi penyegahan obesitas,”jelas Dewi.

Tim dari ITS PKU Muhammadiyah Surakarta mengadakan penyuluhan di depan peserta diklat DSD HW Surakarta

Kegiatan kedua adalah pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen S1 Gizi ITS PKU Muhammadiyah Surakarta yang terdiri dari 2 Tim penerima hibah dari lembaga penelitian dan pengabdian Masyarakat (LPPM) ITS PKU Muhammadiyah Surakarta dengan ketua tim masing- masing Dewi Pertiwi DK, S.Gz., M. Gizi dengan anggota Agung Setya Wardhana STP, M.Sc., dan Retno Dewi Novianti, S. Gz, M.Si., dengan tema “Penyuluhan pangan dan Gizi dalam Upaya Meningkatkan Imunitas di masa Pandemi Covid-19” dan Tim kedua dengan ketua Dewi Marfuah, S.Gz., MPH dengan anggota Dodik Luthfianto, S.Pd., M.Si., Nisa Rahmawati dengan tema “Edukasi Gizi Dalam pencegahan Anemia dan KEK pada remaja di Masa Pandemi Covid-19”

“Harapan kami dengan mengukur status gizi para remaja dan penyuluhan tentang makanan yang untuk mencegah pandemi covid agar tidak mudah tertular, harapannya akan meningkat pengetahuan para remaja agar dapat mengelola pola makan mereka dan para remaja putri dapat terhindar dari anemia, dan para remaja ini juga bisa mencegah agar terhindar dari obesitas,” kata Dewi Pertiwi.

Disampaikan oleh Yayuk Kusuma Putri salah satu panitia Diklat bahwa Diklat ini diikuti oleh 46 siswa dari SMK dan SMA Muhammadiyah Surakarta dengan bekerjasama dengan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta terkait ukur status gizi dan beberapa penyuluhan kesehatan.

“Harapan kami para peserta dapat mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dan dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Yayuk. (Tg)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!