26.4 C
Jakarta

Eratkan Cinta Al Qur’an SMP Muhammadiyah 1 Simpon gelar Pelatihan Irama Nahawand dan Khataman

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM– Bertempat di Mushola Thoyibah SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta , seluruh Guru dan Karyawan SMP Muhammadiyah 1 Surakarta mendapatkan pelatihan dari Majelis Dikdasmen PDM Kota Surakarta mengenai Irama membaca Al Quran Nahawand pada Senin (10/05/21). Pembimbing pelatihan ini adalah Ustadz Hastono Nur Wahyudi, S.Pd.I. Dia menyampaikan dalam musikal arab terdapat lebih dari 50 maqam. Maqam yang jamaknya maqamat adalah serangkaian not di tradisi arab yang saling berhubungan, pola-pola kebiasaan dan perkembangan melodi. Maqam yang digunakan pada perguruan Muhammadiyah adalah maqam Nahawand yang memiliki karakteristik sedih. Maka penghayatan terhadap ayat-ayat Alqur’an yang dibaca akan memotivasi manusia, terlebih para pendidik untuk mengarahkan peserta didik untuk mencintai Al Qur’an dan mengamalkan kandungannya.

Guru dan karyawan mengikuti pembimbingan di mushola

Sebelum pelatihan dimulai para peserta diperdengarkan Ayat suci Al Qur’an yang dibaca dengan Irama Nahawand. Tujuannya adalah untuk mengenalkan pola-pola irama Nahawand. Setelah pelatihan guru dan karyawan mengikuti khataman Al Qur’an. Kegiatan Khataman Al Qur’an ini diagendakan sekolah diadakan rutin sepekan sekali setelah libur Idul Fitri. Koordinator acara Isa Al Fajri, Lc mengatakan tujuan diadakan pelatihan hari ini adalah untuk mensosialisasaikan Irama Nahawand yang digunakan perguruan Muhammadiyah, dan menumbuhkan keistiqomahan membaca Al Qur’an.
Sementara itu, Kepala sekolah SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, Ahmad Sukidi, S.Ag , M.Pd mengharapkan dengan terselenggaranya acara hari ini akan mengeratkan rasa cinta Al quran di kalangan Civitas SMP Muhammadiyah 1 Surakarta.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!