25.7 C
Jakarta

Halal Bi Halal SMP Muhammadiyah 1 Surakarta

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM –  – Halal bi halal kali ini terasa berbeda dengan halal bi halal tahun-tahun sebelumnya. Halal bi halal di Tahun 2022 ini diawali dengan salat Dhuha dan berlokasi di Mushola Thoyibah SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, Senin (09/05/2022) . Kebiasaan Sholat Dhuha menjadi rutinitas di kala sebelum pandemi.

Merujuk salah satu hadis yang diriwayatkan Hakim dan Thabrani, Rasulullah SAW bersabda, “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (sholat dhuha), niscaya pasti akan aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya.”

Maka di awal masuk ini siswa akan mulai dibiasakan kembali mengawali aktivitas dengan sholat Dhuha. Selain itu Sholat Dhuha perdana setelah libur Idul fitri ini menjadi rasa syukur  Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dapat berlangsung normal kembali, sekaligus doa agar Alloh senantiasa melancarkan segala aktifitas sebagai salah satu pemberian rizki-Nya.

Setelah Sholat Dhuha siswa-siswi SMP Muhammadiyah 1 Surakarta melakukan Ikrar Halal bi Halal, yang dipimpin oleh Muhammad Razief Aryan kelas 8PK1 . Ikrar tersebut berisi pernyataan untuk bersedia memohon maaf dan memberi maaf atas kesalahan baik yang dilakukan teman maupun guru. Sesi selanjutmya adalah tausiyah dari Kepala SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, H.Sukidi, S.Ag.M.Pd.

Pada tausiyah beliau secara interaktif bertanya pada perwakilan siswa pandangan mereka tentang kesuksesan. Jawaban perwakilan siswa masih seputar mendapatkan posisi yang diidamkan di dunia, dan memiliki benda yang mewah. Merespon hal tersebut, dia mengingatkan bahwa kesuksesan tidak hanya mengimpikan materi dunia tetapi juga akhirat.

“Salah satu cara meraih sukses itu dengan menciptakan harmonisasi di sekolah, agar segala aktivitas dapat berjalan dengan lancar. Karena dengan hubungan yang baik dengan teman maupun orang di sekitar kerjasama kita dapat berlangsung dengan baik, maka penting untuk saling memaafkan,”jelas Sukidi.

Selain itu lingkungan sekolah senantiasa membiasakan ibadah yang menjadi bekal untuk kesuksesan di akhirat, di antaranya mengaji dan menghafal Al Qur’an, sholat wajib maupun sunah seperti Sholat Dhuha. “Ibadah yang baik dan akhlak yang baik akan menunjang dalam kesuksesan di dunia maupun akhirat,” Sukidi yang juga ketua MPK PDM Surakarta ini.

Acara dilanjutkan dengan doa bersama oleh Ustadz Isa Al Fajri, Lc, M.Ag. Pada sesi akhir halal bi halal para siswa bersalaman dengan ustadz dan para siswa putri bersalaman dengan ustadzah dengan menelangkupkan kedua tangan tanpa bersentuhan. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!