30.2 C
Jakarta

Halal bihalal Bani Khasan Munari

Baca Juga:

 

KARANGANYAR, MENARA62.COM – Kupat adalah ngaku lepat lan laku papat. Ngaku lepat yaitu mengakui kesalahan. Sedangkan laku papat dengan empat amal dalam perayaan lebaran. Lebaran bermakna usai. Luberan berarti melimpah atau meluberkan maaf. Leburan berarti meleburkan kesalahan dan dosa dengan saling maaf memaafkan. Labur yang artinya kapur sebagai simbol zat pemutih yang berarti menjernihkan hati.

Hal itu disampaikan oleh Da’i Standardisasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Jatmiko MPd Gr CPS, saat mengawali tausyiah Halal bihalal Keluarga Bani Khasan Munari di Gedung Pimpinan Cabang Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Ahad (14/4/2024).

Taqobballahu Minna Wa Minkum. Mohon maaf lahir dan batin. Terima kasih shohibul bait tuan rumah H Budiono dan ibu Warikanah yang yang telah memberi amanah. Halal bihalal keluarga Bani Khasan Munari sukses dunia akhirat insya Allah,” ucap Jatmiko.

Tidak ada dua orang muslim yang bertemu lalu berjabat tangan melainkan pasti diampuni untuk keduanya sebelum mereka berpisah.” (HR. Tirmidzi: 2804, Abu Daud: 5207, Ibnu Majah: 3786, Ahmad: 18199, 18348 , Baihaqi: 13746)

Guru Al Islam dan bahasa Arab SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo itu juga mengingatkan, barangsiapa yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung silaturahim.

Halal bihalal bertujuan mulia untuk mempererat silaturahmi dengan saling memaafkan, yang pelaksanaannya dilakukan pasca lebaran atau hari raya idul fitri, tepatnya di awal bulan syawal.

“Maka di era industry 4.0 menuju masyarakat society 5.0 orang yang dikatakan cerdas adalah mengingat mati dan mau bersilaturahmi untuk saling belajar dan belajar memberikan maaf dan meminta maaf,” terang Jatmiko.

Pelajaran halal bihalal adalah membersihkan hati dari rasa benci kepada sesama, sambung dia, sebagai orang beriman harus meningkatkan takwa dan mohon ampun kepada Allah. Allah berfirman dalam surat Ali-Imran ayat 133.

“Segeralah berbuat kebajikan dan mendekatkan diri kepada Allah dengan melaksanakan beragam jenis ibadah, agar kalian mendapatkan ampunan yang besar dari Allah dan masuk ke dalam surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang Allah siapkan bagi hamba-hamba-Nya yang bertakwa,” tambahnya. (*)

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!