30.4 C
Jakarta

Kajian Bersama PDM Buleleng ! Pendidikan Berkemajuan Adalah Ciri Pendidikan Muhammadiyah.

Baca Juga:

SINGARAJA, MENARA62.COM. Memasuki akhir bulan Desember 2022, dipenghujung tahun ini, kembali PDM Buleleng menggelar Pengajian dan Pembinaan bagi seluruh guru dan pegawai pendidikan di perguruan Muhammadiyah Buleleng.

Pengajian dan pembinaan ini adalah bentuk dan wadah silaturahmi bagi seluruh pegawai dan guru yang mengabdi di perguruan Muhammadiyah Buleleng dari tingkat TK sampai SMA. Dalam pengajian ini Ketua PDM Buleleng ayahanda Ali Susanto, M.Pd, sering mengangkat tema-tema yang dapat memotivasi dan memberikan semangat kita dalam berMuhammadiyah khususnya didunia pendidikan.

Khusus untuk episode kali ini Sabtu (10/12) 2022 pengajian yang diadakan di Masjid Al Manar didalam kompleks Sekolah SD dan SMA Muhammadiyah mengambil tema ” insan berkemajuan dan berakhlak mulia ” yang sekaligus sebagai Visi SMA Muhammadiyah 2 Singaraja, dan sekaligus juga SMA Muhammadiyah 2 Singaraja selaku tuan rumah pengajian kali ini.

Membuka pengajian pagi Sabtu ini ayahanda Ali memulai dengan memaparkan makna berkemajuan yang dimaksud dalam Visi SMA Muhammadiyah 2 Singaraja adalah bahwa Muhammadiyah berusaha menguraikan sikap yang selama ini membelenggu pemahaman islam dalam satu pandangan sempit anti perubahan. Ini memberi makna bahwa dalam berkemajuan kita harus open mainded atau terbuka dengan segala perubahan yang terjadi dan tidak kaku dalam bermuamalah.

Melanjutkan tauziah dalam kajian Sabtu ini yang merupakan pengajian terakhir di tahun 2022, kembali ayahanda Ali memaparkan ciri-ciri islam berkemajuan yang seharusnya diusung oleh semua AUM Pendidikan Muhammadiyah Buleleng ini.

Sebagai sekolah Muhammadiyah yang memiliki Visi mewujudkan Insan berkemajuan dan berakhlak mulia yang memang senada dengan semangat berMuhammadiyah, kita wajib memiliki ciri-ciri sekolah yang berkemajuan yaitu antara lain :

1. Tauhid menjadi landasan kuat dalam berIslam tanpa embel-embel apapun.
2. Senantiasa setiap gerak dan aktifitasnya bersumber pada alquran dan sunnah.
3. Menghidupkan ijtihad dan tajdid.
4. Mengembangkan semangat Washatiyah. Islam Wasathiyah adalah Islam Berkemajuan, yang memiliki pengertian secara umum adalah jalan tengah, berada diantara dua sisi, tidak condong ke kiri atau condong ke kanan.
5. Mewujudkan rahmat bagi seluruh alam.

Dipenghujung pengajian ayahanda Ali menyampaikan bahwa tujuan dari Insan berkemajuan dan akhlak mulia seharusnya akan mencetak 2 karakter pelajar yaitu :

1. Pelajar Cerdas dengan ciri-ciri,
memiliki keberanian, objective, menerima kenyataan, menerima kesalahan dan siap menangguhkan keputusan atau keinginan.

2. Pelajar Berkemajuan yang memiliki ciri-ciri, memiliki nilai2 dasar pada dirinya, membangun relasi sosial dan kemanusiaan dan tidak akan melupakan nilai2 keagamaan.

Diakhir pengajian seluruh peserta pengajian dan pembinaan makan bersama sederhana namun penuh keakraban.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!