27.3 C
Jakarta

Kemendikbudristek Gandeng Untar Berpartisipasi dalam EURIE 2024 di Turki

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Universitas Tarumanagara (Untar) menjadi satu-satunya universitas swasta di Indonesia yang ditunjuk oleh Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek untuk berpartisipasi dalam Eurasia Higher Education Summit (EURIE) 2024 di Istanbul, Turki, pada 26-29 Februari 2024.

EURIE 2024 merupakan kegiatan eksibisi dan konvensi pendidikan tinggi internasional besar tahunan di kawasan Asia-Eropa yang dihadiri oleh kalangan pendidik, akademisi, pemegang kebijakan, dan pemangku kepentingan lain di bidang pendidikan tinggi dari seluruh penjuru dunia.

Ketua Tim Kerja Sama dan Humas Ditjen Diktiristek Yayat Hendayana mengatakan pihaknya mengoordinasi dan menggandeng sembilan perguruan tinggi terkemuka Indonesia untuk berpartisipasi dalam rangka transformasi pendidikan menyongsong Indonesia Emas 2045, dengan memperluas dan memperkuat jejaring mitra internasional untuk menghasilkan pendidikan tinggi
yang berkualitas.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberi kesempatan lebih besar bagi perguruan tinggi Indonesia untuk memasuki pasar pendidikan tinggi dunia.

“Ditjen Diktiristek memberi apresiasi kepada Untar sebagai satu-satunya universitas swasta di Indonesia yang mampu membuka booth sendiri, sehingga lebih fokus memperkenalkan keunggulan dan keunikan program pendidikan tinggi yang dimilikinya,” ucap Yayat dalam keterangannya, Sabtu (2/3).

Hadir di acara, Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Prof. Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H. memberikan dukungannya bagi kegiatan internasionalisasi Untar. Ia mengatakan Yayasan Tarumanagara akan selalu memberi perhatian khusus terhadap kegiatan-kegiatan yang membawa nama Untar di kancah internasional.

“Sebagai satu-satunya universitas swasta yang ditunjuk dan dipercaya oleh Ditjen Diktiristek, ini membuktikan peran nyata dan sumbangsih Untar untuk dunia dalam bersaing di kancah global bersama dengan perguruan tinggi di berbagai belahan dunia,” ucap Ariawan.

Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng., yang hadir di acara tersebut, mengungkapkan kegiatan ini merupakan kali pertama Untar mengikuti kegiatan EURIE ini.

Partisipasi Untar menjadi salah satu upaya dalam mengimplementasikan tagline ‘Untar untuk Dunia’. “Untar ingin berperan lebih luas dalam pendidikan tinggi tingkat global dengan terus meningkatkan kualitas. Untar telah diproyeksikan Ditjen Diktiristek sebagai salah satu universitas swasta kelas dunia atau World Class University,” ungkap Rektor.

Lebih lanjut, Rektor berharap dapat menjalin kerja sama kemitraan dengan berbagai perguruan tinggi di dunia, untuk mendukung tercapainya SDM Unggul dalam menyambut Indonesia Emas 2045. Menurutnya, Untar memiliki berbagai program unggulan yang dapat ditawarkan.

“Untar menawarkan berbagai program lintas negara yang meliputi pertukaran dosen dan
mahasiswa, penelitian kolaborasi internasional, pengabdian masyarakat internasional, dosen tamu, dan magang serta berbagai kegiatan lain yang sesuai dengan keunggulan Untar, khususnya di bidang
Entrepreneurship,” jelas Rektor.

Ia menjelaskan bahwa Untar telah melaksanakan banyak kerja sama internasional dengan negaranegara
di Asia, Australia, Uni Eropa, United Kingdom, dan Amerika.

Harapannya, EURIE 2024 akan memperkuat dan memperluas kerja sama internasional dengan beberapa negara Eropa tambahan seperti Turki, Uzbekistan, Kazakhstan, Romania, Brazil, Azerbaijan, dan Italia.

Penandatanganan MoU juga dilangsungkan di tempat dengan Eurasian National University dan beberapa universitas lain seperti Azerbaijan Technical University, Universidade Federal de Lavras Brazil, HSE University St. Petersburg, Antalya Bilim University, Medipol University, Üsküdar University, Marmara University, Lokman Hekim University, Sapienza University, Kasetsart University, Universidade Federal De Lavras, Hult International Business School, Morgan State University Maryland, dan Istanbul Aydin University.

Secara khusus Rektor mengucapkan apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya kepada Ditjen Dikti Kemendikbudristek yang telah memfasilitasi Untar. Ia berpendapat kegiatan ini sangat bermanfaat serta mendatangkan hasil positif.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Untar beserta rombongan berkesempatan mengunjungi Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul. Disambut Konsul Jenderal (Konjen) Darianto Harsono, Rektor mengutarakan keinginannya untuk memperkuat kolaborasi dengan berbagai
institusi di negara-negara Eropa.

Darianto dalam diskusinya, mengatakan pihaknya menyambut baik kehadiran Perguruan Tinggi Indonesia untuk memperkuat kerja sama luar negeri dengan menjembatani demi mempermudah implementasinya di masa mendatang.

EURIE 2024 menghadirkan 2.000 partisipan dari 72 negara. Diselenggarakan oleh Eurasian Universities Union (EURAS), tahun ini merupakan tahun kesembilan acara ini digelar. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!