28.4 C
Jakarta

Kemendikbudristek Siapkan 150 PT Penerima Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2023

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan melaksanakan sosialisasi teknis pendaftaran bagi calon Perguruan Tinggi Penerima (PT Penerima) program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2023 (PMM 3). Sosialisasi bagi Perguruan Tinggi di bawah naungan Kemendikbudristek dilaksanakan pada 17 – 19 Januari 2023.

Sosialisasi teknis pendaftaran PT Penerima bertujuan untuk menginformasikan syarat, alur, dan teknis pendaftaran PT Penerima. PMM 3 menjadi spesial karena Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) pertama kali akan ambil bagian sebagai PT Penerima ataupun PT Pengirim.

Untuk mendaftar PMM 3, Perguruan Tinggi (PT) calon peserta dapat mengakses laman https://pmm.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/. Periode pendaftaran PT Penerima dibuka mulai tanggal 11 Januari hingga 8 Februari 2023. Adapun pendaftaran bagi mahasiswa calon peserta program PMM 3, akan diumumkan kemudian.

Asri Aldila Putri, Kepala Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan Kampus Mengajar telah menyiapkan tempat bagi 150 PT Penerima. Angka ini naik dari tahun 2022 dimana PT Penerima yang terlibat sebanyak 138 dari 194 PT yang mendaftar dan tersebar di 30 provinsi dengan kuota kursi mahasiswa yang disediakan mencapai 23.761.

PT yang menjadi peserta program PMM akan mendapatkan peluang untuk meningkatkan performa institusi sebagai penyelenggara model pembelajaran yang berkualitas dalam skema pertukaran mahasiswa. Secara institusional, harapannya akan semakin banyak PT yang membuka kuota pertukaran mahasiswa secara mandiri setelah menjadi peserta dalam program PMM.

PMM adalah program pertukaran mahasiswa dalam negeri selama satu semester dari satu klaster pulau ke klaster pulau lainnya agar mahasiswa mendapatkan kesempatan belajar di PT lain dengan pengakuan kredit mata kuliah hingga 20 sks. Selain itu, mahasiswa yang lolos seleksi akan mendapatkan pengalaman yang unik dan berbeda melalui keikutsertaan dalam Modul Nusantara. Kegiatan genuine PMM yang menjembatani ruang jumpa antar mahasiswa untuk eksplorasi keragaman Indonesia akan didapatkan melalui kegiatan Kebinekaan, Inspirasi, Refleksi, dan Kontribusi Sosial.

Merujuk pada kalender akademik, pelaksanaan program PMM 3 mungkin hanya berjalan selama satu semester, namun berdasarkan testimoni peserta mahasiswa dan PT yang telah menjadi peserta, banyak pengalaman dan manfaat positif yang didapatkan. Hal ini tentu memberikan makna yang mendalam dan terpatri di hati para peserta selamanya, sebagaimana tagline dari program PMM yaitu “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya”.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!