27.5 C
Jakarta

Keren! Tim PMB UMS Perkenalkan Tes CBT Reservasi

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM – Tim Penerimaan Mahasiswa Baru UMS (UMS) kembali membuat terobosan baru yang akan dilakukan pada Senin, 17 Januari 2022. Merupakan inovasi UMS dalam menyelenggaraan jalur PMB di tengah kondisi pandemi Covid-19. Apa saja yang membuat jalur ini berbeda, ini penjelasan Kepala BAA, Dr Triyono tentang Computer Base Test (CBT) Reservasi.

“Kami menawarkan sistem terobosan baru bagi calon mahasiswa UMS, yakni CBT Reservasi. Insya Allah jauh lebih aman pada situasi pendemi Covid 19. Awal Januari ini, sudah kami uji coba tinggal evaluasi dan rencananya akhir bulan, kita laksanakan,’’ papar Triyono.

Dari pengamatan sementara pelaksanaan uji coba, lanjutnya, peserta terlihat nyaman dan jarak antar peserta juga longgar. Di dalam maupun di luar ruangan sebelum tes, setiap peserta wajib mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Selain cek suhu, mereka juga diharuskan bermasker dan membasuh tangan dengan hand sanitizer. “Sebelum dan sesudah digunakan tes, ruangan kembali kami sterilkan,”imbuhnya.

Disebutkan, jumlah peserta yang akan menjalani tes tidak boleh lebih dari 50 persen dari kapasitas ruang yang disediakan. Di ruang itu, tersedia sekitar 160 unit komputer sehingga nanti akan diisi maksimal 60 orang peserta tes. “Pada kondisi normal, biasanya menampung seratus orang,’’ jelas Triyono lagi.

Menurut dia, tes bagi calon mahasiswa baru tetap berbasis komputer yang digelar di Gedung Siti Walidah UMS. Seleksinya, lanjut dia, tetap mengadopsi sistem One Day Service (ODS) yang selama ini digunakan UMS, di mana setiap peserta dapat mengetahui hasilnya pada hari itu juga. “Soal hasil tes, lolos atau tidaknya akan diketahui hanya beberapa saat setelah soal selesai dikerjakan,’’tambahnya.

Adapun tata cara mengikuti CBT Reservasi, peserta wajib mendaftarkan diri secara online di laman pmb.ums.ac.id. Setelah itu tentukan hari yang diinginkan untuk melakukan tes, atau penjadwalan datang ke kampus UMS untuk mendapatkan kuota tes. “Dalam satu kali pendaftaran, setiap peserta mendapatkan kesempatan tes sebanyak 3 kali, dengan reservasi yang berbeda setiap tesnya.’’

Pada bagian lain, Kabag Admisi dan Akademik, Ir Ratnanto Fitriadi, ST.,MT., mengungkapkan langkah yang ditempuh Tim PMB UMS dengan sistem CBT Reservasi tak lain agar UMS mendapatkan input mahasiswa yang lebih berbobot melalui uji tes. “CBT tentu memiliki tantangan tersendiri bagi calon mahasiswa, mereka bersaing dengan calon lainnya dengan kesiapan materi materi uji yang lebih terukur,’’ jelas dosen Teknik Industri itu.
Dia berharap, pendemi Covid-19 segera berakhir, sehingga perkulihan ke depan bisa berjalan normal. Suasana pengajaran di kampus, jauh lebih hidup dan berwarna. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!