31.6 C
Jakarta

Pemuda Muhammadiyah yang Tergabung dalam Kokam, Mengikuti Pelatihan Bela Negara

Baca Juga:

MALANG, MENARA62.COM – Pemuda Muhammadiyah yang tergabung dalam Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM), mengikuti pelatihan bela negara. Pelatihan tersebut dilaksanakan di depo pendidikan Dodikjur Bela Negara kota Malang sejak Jum’at-Ahad (27-29/01/2017). Peserta pelatihan ini, tidak hanya berasal dari kota Malang, tetapi juga ada yang berasal dari luar Malang, seperti Pacitan dan Pasuruan.
 
Para pemuda ini, mendapat berbagai materi, seperti kedisiplinan, moral, pembentukan fisik dan mental yang kuat, serta wawasan kebangsaan. Selain itu, mereka juga digembleng dengan pendalaman ilmu keislamanan dan kemuhammadiyahan. Dengan demikian, nantinya akan terbentuk generasi bangsa dan kader muhammadiyah yang tangguh, mempunyai nasionalisme yang tinggi, dan menjadi garda terdepan dalam rangka turut menjaga keutuhan NKRI.
 
Hal itulah yang disampaikan salah satu koordinator KOKAM Malang, Sobrun Djamil saat ditemui di sela-sela acara pelatihan. Menurutnya, pelatihan ini sangat penting dan harus dijalani oleh setiap pemuda muhammadiyah, terutama yang mempunyai komitmen untuk berjuang dan berdakwah bersama persarikatan muhammadiyah.
 
“Kami mempunyai program untuk mencetak 1000 KOKAM yang tangguh, dan pelaksanaannya akan bertahap mulai saat ini.  Setelah pelatihan ini, kita berharap para pemuda Muhammadiyah ini memiliki daya juang yang tinggi, dalam melaksanakan bela negara dan bela agama. Dan untuk mengikuti pelatihan ini tidak ada persyaratan khusus, hanya pengajuan dari masing-masing ranting Muhammadiyah,” urai Sobrun.

Bangga 


Secara terpisah, komandan Dodikjur Bela Negara Rindam V Brawijaya Malang, Letkol Inf Budi Cahyono mengaku bangga dengan pelatihan bela negara yang diadakan oleh kalangan Pemuda Muhammadiyah ini. Disisi lain dia juga berterima kasih karena pihaknya dipercaya untuk memberikan berbagai materi bela negara dan wawasan kebangsaan kepada para generasi penerus bangsa ini.
 
Pria berkacamata itu berharap agar apa yang diperoleh peserta pelatihan, nantinya juga bisa ditularkan kepada anggota KOKAM lain dan bahkan masyarakat sekitar, tentang apa itu bela Negara, wawasan kebangsaan, nasionalisme dan sebagainya. “Kami berharap para Pemuda Muhammadiyah ini turut andil dalam menjaga keutuhan NKRI dari berbagai ancaman,” pungkas Letkol Budi.
–Achmad Saiful Afandi–

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!