Relawan Muhammadiyah Pulang Pisau hadang corona

PULANG PISAU, MENARA62.COMLazismu (Lembaga Amil Zakat Nasional) Pulang Pisau dan MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) berikhtiar untuk melakukan pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Corona Covid-19 dengan melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan dan pembersihan ke beberapa masjid dan musholla serta fasilitas publik lainnya di sekitar Pulang Pisau, Rabu (24/3)

Kabupaten Pulang Pisau secara geografis terletak di jalur lintas pergerakan ekonomi masyarakat dua provinsi yaitu Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, dan sebagai daerah persinggahan potensi terpapar virus sangat tinggi, sehingga diperlukan peran seluruh elemen anak bangsa untuk terjun langsung melakukan tindakan nyata.

Sekretaris PD Muhammadiyah Pulang Pisau Rudi Purwadi S.Sos mengatakan MDMC yang di support oleh LAZISMU Pulang Pisau terpanggil membantu meringankan beban masyarakat dalam upaya pencegahan melalui program penyemprotan disinfektan baik di masjid, musholla maupun fasilitas umum yang sering di gunakan masyarakat, yang mungkin saat ini belum bisa terjangkau oleh Tim Gugus Tugas Covid – 19 Pulang Pisau.

“Harapan kami aksi para relawan Muhammadiyah ini sebagai ikhtiar persyarikatan untuk negeri, sebagai wujud kepedulian dan rasa kemanusiaan ikut mencegah penyebaran virus Corona,” katanya.

Sementara itu Achmat Husen Ketua Lazismu Pulang Pisau mengatakan lazismu sangat konsern terhadap penanganan dan pencegahan wabah Covid-19, khususnya di wilayah Pulang Pisau, yaitu dengan menggalang donasi dari berbagai pihak dan dimanfaatkan untuk aksi pencegahan Covid-19. Aksi ini dilakukan sebagai kepedulian Lazismu terhadap situasi dan kondisi yang sedang dihadapi saat ini.

“Meskipun aksi ini masih berskala kecil dan terbatas, tapi mudah-mudahan ini bukti nyata Lazismu dalam aksi kepedulian sosial dan kemanusiaan , Lazismu menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam kegiatan ini, terutama para donatur yang sudah menyisihkan sebagian hartanya untuk donasi kegiatan ini,” ujar Husen.

Aksi penyemprotan disinfektan dari Relawan Muhammadiyah (Doc.MPI)

Selain penyemprotan disinfektan, Lazismu juga membagikan sabun cuci tangan antiseptik dan cairan pembersih lantai ke beberapa tempat ibadah yang ada di kota Pulang Pisau, juga membagikan hand sanitizer buatan sendiri kepada Jamaah Masjid KH Ahmad Dahlan Pulang Pisau

“Alhamdulillah dengan aksi ini, tanggapan masyarakat sangat menyambut baik kegiatan yg dilakukan oleh Lazismu dan MDMC Pulang Pisau,” tambahnya.

Beberapa lokasi penyemprotan yang telah dilakukan yaitu :
1. Masjid Miftahul Jannah , Jl. Lintas Mentaren
2. Musholla Raudhatul Islamiyah Perumahan Marina Permai
3. Masjid Baitul Muhajirin Mentaren
4. Pondok Pesantren Ahlul Quran Mentaren
5. Musholla Mursyidul Amiin Mentaren 2
6. Masjid Nor Hidayah , jl Lintas Kalimantan mentarèn
7. Polindes Desa Mentaren 1
8. Langgar Nurul.Islam Mentaren 2
9. Langgar Al Ikhlas Mentaren 1
10. Langgar Assyifa komplek perkantoran
11. Kantor Desa Mentaren 2

Beberapa hari sebelumnya para relawan LazismuMDMC juga telah melakukan kegiatan penyemprotan seperti di Masjid KH Ahmad Dahlan, Musholla As Salam komplek Rujab Kepala Dinas, Masjid Al Iman Pelabuhan Pelindo III, Langgar Tengah, Kantor PDAM Pulang Pisau, Langgar Miftahul Huda, dan beberapa fasilitas publik seperti Taman Bermain Pulang Pisau dan rumah makan yang ada di sekitar taman.

Lazismu Pulang Pisau menghimpun donasi untuk kegiatan seperti penyediaan bahan disinfektan/sanitizer, sarana perlengkapan dan extra fooding bagi para relawan di lapangan.

Kepedulian anda dapat disalurkan melalui donasi :

Bank BNI
0715772512
Atas nama Lazismu Pulang Pisau Pulang Pisau
tambahkan kode unik 10 (contoh : Rp. 1.000.010)
Konfirmasi transfer :
Ketik : Nama_alamat_jumlahdonasi
Kirim.ke :
WA/SMS 0852 4949 1780

(Bonni Febrian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here