30.2 C
Jakarta

Senang Analisis, Antarkan Siswa kelas XI SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Juara Biologi Dalam Olimpiade

Baca Juga:

 

 

 

SOLO, MENARA62.COM – Haidar Ahmad Rosyid, siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta (SMA Muh PK), yang menyukai jalan-jalan ini adalah salah satu siswa berprestasi di sekolahnya. Haidar, sapaan nama akrab sehari-hari, berusia 17 tahun adalah putra dari bapak Setiawan Budi Santoso dan tinggal di Polokarto,Sukoharjo. Beberapa catatan prestasi yang pernah diraih antara lain medali emas olimpiade Ahmad Dahlan 2024 di Bandung bulan Pebruari dan baru-baru ini di bulan April lolos Olimpiade Sains Nasional untuk tingkat provinsi bidang Biologi di tahun 2024

Mata pelajaran Biologi adalah salah satu yang diminati oleh Haidar. Karakteristik mata pelajaran Biologi yang mempelajari mahluk hidup, objek kajian yang bisa ditangkap indera, dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris (nyata) dan eksperimen, serta memiliki langkah-langkah yang sistematis menjadi tantangan yang menyenangkan bagi Haidar. “ Aku menyukai Biologi karena banyak analisisnya,” ujar Haidar.

Biologi merupakan mata pelajaran, di mana proses pembelajarannya menitikberatkan kepada kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa di alam sekitar. Hal ini yang membuat Haidar merasa tertantang untuk belajar ilmu Biologi. Guna mengaktualisasikan minatnya, maka Haidar sering mengikuti lomba-lomba olimpiade, khususnya bidang Biologi.

Perolehan medali emas dalam olimpiade Ahmad Dahlan sebulan lalu dan di bulan April 2024 saat ini menyandang peserta lolos Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Provinsi Jawa Tengah bidang Biologi menambah semangat Haidar untuk terus belajar mengasah kemampuan dan keilmuan bidang Biologi. Pengalaman saat mengikuti olimpiade Biologi di Bandung kemarin, Haidar sempat sakit saat pelaksanaan lomba tersebut. Hal ini menjadi pengalaman untuk tetap menjaga kesehatan jelang lomba dilaksanakan. “Pesan Haidar kepada teman-teman siswa selain menjaga kesehatan, ikhtiar dan doa jangan dilupakan ketika kita akan mempersiapkan untuk mengikuti sebuah kompetisi,” ujarnya. (*)

 

 

 

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!