26 C
Jakarta

SMA MUHA Luncurkan Aplikasi Perpustakaan “mLibsys Muha”

Baca Juga:

UMBULHARJO, Menara62.com-SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta sediakan layanan perpustakaan berbasis android.  Layanan tersebut telah diluncurkan dalam sesi Workshop Manajemen Perpustakaan Digital dan Launching Aplikasi Perpustakaan Berbasis Mobile Android (Mlibsys) Sabtu  (14/1/2017) kemarin di ruang Meeting Room SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Aplikasi perpustakaan berbasis android ini bersifat terbuka bagi kalangan internal maupun eksternal SMA Muha. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, pengguna dapat mengunduh secara gratis melalui aplikasi “Play Store” pada telpon pintar Android kemudian menuliskan nama “mLibsys Muha” pada ruang pencarian.

Dalam sambutannya, Selamet Purwo, Kepala Sekolah SMA Muh 2, menyampaikan bahwa dengan raihan prestasi juara 2 perpustakaan terbaik di DIY, Muha akan berkomitmen untuk mengembangkan layanan perpustakaan khususnya pada aspek fasilitas teknologi informasinya.

Peluncuran Aplikasi mLibsys Muha dihadiri oleh Ketua Dikdasmen PWM DIY Arief Budiharjo, Ketua MPI PWM DIY Robby Habiba Abror, dan Kepala Perpustakaan UIN SUKA Labibah Zain sekaligus sebagai pembicara worksshop meningkatkan aksesibilitas melalui perpustakaan digital.

Arif Budiharjo mendorong agar sekolah Muhammadiyah terus berkompetisi dalam meningkatkan layanan pendidikan mereka, bahkan harus melebihi pencapaian sekolah- sekolah negeri. “Muha diharapkan mampu mengikuti pencapaian yang diraih oleh SMA Muhi sebagai juara 1 perpustakaan nasional.” Ujar Arif.

Sementara itu Robby H Abror menekankan agar sekolah Muhammadiyah mendukung jargon Muhammadiyah sebagai gerakan berkemajuan “al-harakah at-taqoddumiyah” melalui peningkatan mutu perpustakaan (maktabah), Pustakawan (Amiinu al-Maktabah), dan Ilmuan (Ulama). “Hal ini hanya dapat dilakukan melalui daya juang dan ijtihad keilmuan dengan teknologi informasi. Ujar dosen Ushuludin tersebut.

Koleksi buku yang sudah terdata dalam aplikasi perpustakaan berbasis android ini sejumlah  8.539 judul buku. Koleksi tersebut berada dalam perpustakaan sekolah SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Dalam aplikasi tersebut selain bisa mengetahui judul buku juga data buku yang dipinjam maupun daftar koleksi digital.

Jika ingin mengunduhnya cukup klik ke https://play.google.com/store/apps/details?id=libsys.com di android gawai merk apapun. (masfu/rul)

Peluncuran Aplikasi mLibsys SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dihadiri oleh Ketua Dikdasmen PWM DIY Arief Budiharjo, Ketua MPI PWM DIY Robby Habiba Abror, dan Kepala Perpustakaan UIN SUKA Labibah Zain sekaligus sebagai pembicara worksshop meningkatkan aksesibilitas melalui perpustakaan digital. (Foto: pdmjogja.org)
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!