29.6 C
Jakarta

Swedia dan Meksiko Pastikan Lolos ke 16 Besar

Baca Juga:

YEKATERINBURG, RUSIA — Swedia mengalahkan Meksiko 3-0 dalam pertandingan terakhir Grup F di Yekaterinburg, Rabu (27/6/2018). Namun, hasil tersebut membuat kedua tim sama-sama lolos ke 16 besar Piala Dunia, sementara juara bertahan Jerman tersingkir.

Swedia tampil sebagai juara Grup F dengan keunggulan selisih gol atas Meksiko, dengan kedua tim itu mengantongi enam poin, mengungguli Jerman dan Korea Selatan yang masing-masing mengantongi tiga poin, setelah sang juara bertahan itu dikalahkan 0-2 secara mengejutkan oleh Korea Selatan di Kazan, seperti dilansir Antara.

Setelah terus-menerus menekan pada sebagian besar babak pertama dan menyia-nyiakan sejumlah peluang, Swedia akhirnya menjebol gawang saat bek kiri Ludwig Augustinsson melepaskan tembakan voli kaki kiri pada menit 50.

Dua belas menit kemudian, kapten Andreas Granqvist mempertahankan konsentrasi dari terikan yang memekakan telinga dari para pendukung Meksiko, untuk melepaskan tembakan dari titik penalti yang menusuk ke sudut atas gawang setelah Hector Moreno menjatuhkan Marcus Berg.

Kesengsaraan Meksiko diperparah saat bola membentur kaki Edson Alvarez yang masuk ke gawangnya sendiri pada menit 74.

Meksiko dibayang-bayangi tim yang mengalahkan Jerman dan Korea Selatan dan para pengamat membicarakan mereka sebagai tim yang berpotensi menjadi juara dunia.

Hanya membutuhkan hasil seri untuk memastikan langkah mereka ke 16 besar, bagaimanapun mereka berhasil mengakhiri babak pertama dengan imbang setelah bertahan dari gempuran Swedia dan tayangan ulang VAR.

Pertandingan diawali dengan insiden sejak peluit pertama ditiupkan, dengan gelandang Meksiko Jesus Gallardo diacungi kartu kuning beberapa detik setelah pertandingan dimulai karena melakukan pelanggaran pada Ola Toivonen.

Swedia menyia-nyiakan penyelesaikan akhir dalam 45 menit pertama, dengan Emil Forsberg melepaskan beberapa tembakan yang melesat di atas mistar gawang.

Berg mengulang masalah bagi pertahanan Meksiko, pertama tembakannya melebar ke sisi gawang, dan kemudian melepaskan tembakan akrobat dengan baik namun ditepis ke atas mistar gawang kiper Guillermo Ochoa. Pada penghujung babak pertama, dia menembak ke sisi gawang setelah Swedia menerobos pertahanan.

Meksiko mengalami saat-saat yang menggelisahkan saat Javier Hernandez terlihat menggunakan lengannya untuk mengendalikan bola di area penalti, tapi setelah tayangan ulang VAR, wasit hanya memberikan tendangan sudut. Bagaimanapun juga Meksiko juga mengancam beberapa kali untuk mencetak gol. Tembakan Carlos Vela melebar setelah sebuah umpan dari Hirving Lozano. Upaya lainnya juga melesat di atas mistar gawang dan yang ketiga mengena lengan Robin Olsen.

Meksiko menekan keras setelah tertinggal, dengan Javier Hernandez menyundul bola setelah tendangan penjuru dan kemudian melepaskan umpan silang yang penuh bahaya di muka gawang Swedia.

Tembakan jarak jauh Hector Herrera meleset, dan kemudian diselamatkan Robin Olsen, dan Lozano meleaskan tembakan datar namun mengenak lengan kiper pada menit-menit terakhir.

Namun bagaimanapun Meksiko ternyata tidak perlu kecewa, karena Korea Selatan memberi mereka bantuan untuk maju ke 16 besar, setelah meraih kemenangan 2-0 atas juara bertahan Jerman.

Tapi tanpa perbaikan dalam performa, mereka beresiko gagal lagi pada tahapan tersebut, di mana mereka sudah tersingkir pada enam Piala Dunia terakhir, demikian Reuters melaporkan.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!