25 C
Jakarta

Tanamkan Adab Jual Beli, SD Muhammadiyah PK Banyudono Adakan Pasar Kaget

Baca Juga:

 

BOYOLALI, MENARA62.COM – SD Muhammadiyah Program Khusus Banyudono Boyolali mengadakan kegiatan Pasar Kaget Market Day, Senin (19/9/2022). Acara diselenggarakan di halaman sekolah dengan melibatkan sebanyak 459 siswa dari kelas 1 sampai kelas 6.

Novita Putri wali kelas IIB mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan jiwa  entrepreneur siswa sejak dini. Harapannya besok bisa menjadi pedagang/ saudagar muslim yang bisa menopang kegiatan dakwah dan ibadah. lebih Ustadzah Novita putri menyebutkan bahwa kegiatan kali ini bertindak sebagai penjual kelas IV, V, VI dan sebagai pembeli kelas I, II, III.

Sementara Aurelia siswa kelas VIB menyambut dengan senang hati dan harapannya kegiatan ini bisa diselenggarakan rutin. “Ya, senang karena sekolah ini kan tidak boleh jajan, hari ini boleh jajan,” ujar Aurelia.

Sementara Pujiono kepala sekolah saat ditemui di ruang kantor mengatakan bahwa kegiatan Pasar Kaget Market Day ini selain sebagai sarana pembelajaran ekonomi, juga bagaimana kita menanamkan  adab jual beli maupun adab di pasar. Mengingat pasar adalah tempat keramaian bertemunya beragam karakter penjual dan pembeli. Maka siswa harus ditanamkan bahwa dagang tidak semata-mata mencari keuntungan, namun juga nilai spiritual. Menjadi pedagang yang mabrur adalah mulia dan pahalanya setingkat para mujahid.

Ustadz Pujiono melanjutkan penuturannya, bahwa di saat kaum Muhajirin Hijrah ke Madinah setelah membangun masjid juga minta ditunjukan dimana letak pasar. Karena dari pasar inilah inspirasi ekonomi akan ada. “Semoga akan muncul pedagang pedagang yang mabrur dari siswa  SD Muhammadiyah PK Banyudono,”harapnya.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!