25.4 C
Jakarta

Teknik Sipil UMS Adakan Seminar Nasional Tentang Banjir Rob di Pesisir Utara Jawa Tengah

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM – Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengangkat isu banjir rob yang melanda pesisir utara Jawa Tengah dalam seminar nasional pada Selasa (21/03/2023) di Ruang Seminar Lantai 7 Gedung Induk Siti Walidah UMS dan melalui platfrom Zoom.
Seminar Nasional ke-12 ini menghadirkan Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang Retno Widyaningsih, S.Kom.,M.Si, Pimpinan Proyek Pengendalian Rob Pekalongan PT.Brantas Abipraya.Tbk, Ir., Sujatiyo Edy S.T., dan Dosen Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta Purwanti S.P.,S.T.,M.Sc.
Gurawan Djati Wibobo, S.T., M.Eng. selaku ketua panitia menyampaikan, tujuan dari seminar ini sebagai sarana untuk deminasi penelitian dari para peneliti, dosen, maupun praktisi lapangan.
Selain itu seminar ini juga menjadi ajang diskusi dalam rangka memecahkan masalah yang terjadi di masyarakat dan sebagai tolak acuan dari Teknik Sipil UMS dalam rangka link and match dari teknologi maupun aplikasi dalam menyelesaikan masalah di lapangan dengan kurikulum Teknik Sipil.
“Sehingga kurikulum Teknik Sipil UMS tidak ketinggalan dari teknologi yang sudah berkembang maupun yang baru di dalam pengendalian banjir maupun banjir rob,” ujar Gurnawan.
Ketua panitia yang sekaligus sebagai sekretaris Program Studi Teknik Sipil UMS itu juga menyampaikan, Seminar Nasional ini sebagai awal dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan pengetahuan sehingga arah pengetahuan yang dimiliki akan semakin jelas dan dapat menyelesaikan masalah di masyarakat.
Prof. Supriyono, S.T., M.T., Ph.D. selaku Wakil Rektor V UMS dalam sambutannya menyampaikan, persoalan banjir rob menjadi sebuah masalah yang sekarang dihadapi oleh masyarakat di daerah pesisir utara Jawa Tengah.
“Kalau dari seminar ini ada satu penyelesaikan atau usulan untuk menyelesaikan masalah banjir rob itu, tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di daerah pesisir,” ujar Supriyono. (atta)
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!