26.7 C
Jakarta

Tutor English Tutorial Program UMS Tampil Memukau di Gelaran Social Gathering 2023

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM – Lembaga Bahasa dan Ilmu Pengetahuan Umum (LBIPU) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali mengadakan Social Gathering yang sempat terhenti pada 2019 karena pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut digelar pada Kamis malam 6 Juli di Gedung Auditorium Mohammad Djazman UMS.
Kegiatan Social Gathering ini merupakan ajang untuk menampilkan bakat dan kreatifitas dari para tutor bahasa Inggris English Tutorial Program (ETP). Menariknya, kegiatan tahunan tersebut disampaikan dengan menggunakan bahasa Inggris secara keseluruhan. Ratusan tutor ETP  bergabung dan menampilkan enam pertunjukkan yaitu dance, poetry, storytelling, drama, fashion show, dan singing, pada Social Gathering 2023.
Kepala Bidang Pembelajaran Bahasa LBIPU-UMS, Dr., Dwi Haryanti, menerangkan jika kegiatan Social Gathering yang bertemakan, “Proud to Be Gen Ze” ini adalah untuk mendongkrak para tutor dan peserta tutorial untuk mengikuti ETP.
“Social Gathering merupakan suatu wadah untuk tutor ETP menampilkan kreatifitas dan bakat mereka sehingga acara ini diharapkan dapat mendongkrak semangat tutor dan peserta tutorial untuk mengikuti English Tutorial Program,” tutur Dwi Haryanti (6/7).
Lebih lanjut, Dwi menyampaikan bahwa para tutor diberi kesempatan menampilkan bakat mereka dan dibantu dengan narator berbahasa Inggris oleh tutor lain dan dikawal atau dibimbingan oleh para Pendamping tutor.
Selain itu, LBIPU juga sebelumnya telah mengadakan speech competition yang diikuti oleh seluruh tutor ETP, dan tutor terbaik akan menampilkan bakatnya pada malam Social Gathering 2023.
Salah satu tutor ETP, Qoonitah, menyebutkan alasannya menjadi seorang tutor. Dengan bergabung menjadi tutor, dirinya ingin mengasah kemampuannya dalam berinteraksi khususnya bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.
“Alasan saya mendaftarkan diri menjadi tutor ETP karena menurut saya Bahasa Inggris itu seru dan menyenangkan. Selain itu, saya ingin memperbanyak relasi antar program studi dan menurut saya, sertifikat yang saya dapatkan akan membantu saya saat magang atau mencari pekerjaan nantinya,” ungkap Qoonitah.
Secara garis besar kegiatan ETP berisi kegiatan tutorial yang berguna untuk mengasah 4 skill (Speaking, Writing, Reading, and Listening) Bahasa Inggris. Sehingga UMS berharap dapat mencetak lulusan yang cerdas dalam ilmu sesuai dengan program studi masing-masing dan mempunyai nilai tambah dengan kemampuan berbahasa Inggrisnya.
Nilai ETP memiliki kontribusi 30% pada nilai akhir mata kuliah English for Academic Purposes (EAP) di semester satu dan Standardized English Test Preparation (SETP) di semester 2. (*)
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!