27.3 C
Jakarta

Update Penerimaan Mahasiswa Baru UMS, Beberapa Prodi Cukup Ketat

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) semakin mencerahkan dan unggul di berbagai hal. Hal tersebut mendorong calon mahasiswa untuk melanjutkan studi ke kampus unggul tersebut.

Keketatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) juga terlihat tinggi baik pada rumpun ilmu Soshum maupun Saintek. Staff PMB One Day Service (ODS) UMS, Tiara Putri Aziza, S.Gz., mengatakan bahwa saat ini persentase diterima untuk Prodi Psikologi mencapai 42% dan Pendidikan Kedokteran 70%.

“Itu sangat-sangat diminati banget, dan juga yang daftar sudah sangat banyak banget saat ini. Kalau saintek yang pasti UMS Pendidikan Kedokterannya, Kedokteran Gigi. Yang rame banget juga Farmasi,” ungkap Tiara atau Rara, Senin (4/3).

Beberapa prodi masih memiliki banyak peluang seperti beberapa prodi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, yaitu Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Teknik Informatika. Prodi Geografi dari Fakultas Geografi juga masih memiliki banyak peluang.

Calon mahasiswa bisa memilih beberapa jalur untuk menjadi mahasiswa. UMS membuka tiga jalur pendaftaran yaitu jalur rapor, jalur tes atau Computer Based Test (CBT), dan jalur beasiswa.

“Di UMS itu jalurnya ada tiga. Kami membebaskan mau mendaftar di jalur mana saja. Kalau yang sering itu CBT sama rapor barengan,” tambah Rara.

Rara menambahkan, beberapa alasan calon mahasiswa mengambil dua jalur pendaftaran sekaligus dikarenakan proses seleksi rapor cukup lama sehingga beberapa calon mahasiswa juga mengambil CBT. Bahkan ada juga kasus di mana calon mahasiswa mengikuti ketiga jalur pendaftaran tersebut.

Setelah selesai dengan Beasiswa Batch I, UMS rencananya akan membuka kembali beasiswa Batch II.

“Jadi nanti bisa dipersiapkan untuk yang kemarin Batch I nya berkas-berkasnya kebanyakan ditolak karena berkasnya belum lengkap. Mungkin bisa dilengkapi, sehingga nanti pas Batch II dia bisa ikut seleksi,” kata Niken Damayanti, S.Gz, salah satu Staff PMB UMS yang mengurusi beasiswa.

Untuk membantu calon mahasiswa, ODS juga memberikan reminder kekurangan berkas untuk kelengkapan administrasinya.

Pada kesempatan yang sama, Naila Yasmin, seorang siswa asal Jepara juga mengikuti CBT di sesi yang berbeda. Naila tertarik untuk mendaftar ke Program Studi Kedokteran dan Program Studi Kedokteran Gigi. Alumni MAN 1 Kudus tersebut juga memiliki alasan dibalik memilih prodi.

“Di daerah saya UMS terkenal Kedokterannya bagus, akreditasinya juga sudah unggul,” kata Naila.

Naila berharap, setelah diterimanya di UMS, ilmu yang didapat akan menjadi manfaat untuk banyak orang. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!