31.6 C
Jakarta

Dua Mahasiswa Ma’had Al Birr Unismuh Makassar Dampingi Penguatan Bahasa Arab Santri MBS Al Amin Bojonegoro

Baca Juga:

MAKASSAR, MENARA62.COM– Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengutus dua mahasiswanya dari Ma’had Al Birr untuk mengabdi di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Al Amin Bojonegoro- Jawa Timur, Pelepasan diadakan di Ruang Wakil Rektor IV Unismuh, Selasa, 22 Agustus 2023.

Wakil Rektor IV Unismuh Dr Mawardi Pewangi, dalam sambutannya, menyuarakan harapannya agar mahasiswa dapat memberi kontribusi yang berarti bagi pesantren tersebut.

“Kehadiran mereka diharapkan tidak hanya sebagai pelaksana, tetapi juga sebagai inspirator bagi santri,” kata Mawardi.

Sementara itu, Ketua Bidang AIK Asrama dan Kerjasama Ma’had Al Birr, Zainal Abdin SH MH, menyampaikan bahwa program pengabdian merupakan bagian wajib bagi Mahasiswa Ma’had Al Birr, yang dibina secara terintegrasi dengan tiga prodi di Fakultas Agama Islam Unismuh, yakni Prodi Ahwal Al-Syakhsiyah (Hukum Keluarga), Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, serta Prodi Pendidikan Bahasa Arab.

“Pengabdian yang dilaksanakan selama enam bulan ini, pada kesempatan kali ini, melibatkan mahasiswa Prodi Ahwal Al-Syakhsiyah yang akan dikirim ke MBS Al Amin, Bojonegoro, Jawa Timur,” papar Zainal.

Ia juga menekankan peran penting mahasiswa sebagai musyrif atau pendamping Bahasa Arab selama masa pengabdian. “Mereka akan aktif membantu pimpinan pesantren dalam aspek penguatan bahasa. Hal ini sejalan dengan visi Ma’had Al Birr Unismuh Makassar sebagai lembaga pendidikan Bahasa Arab dan studi Islam,” lanjutnya.

Menurut Zainal, pengabdian serupa telah dilaksanakan di beberapa pesantren Muhammadiyah di Sulawesi Selatan. “Kami juga telah mengutus mahasiswa ke Batam dan Gorontalo. Namun, ini merupakan kali pertama pengiriman ke Jawa Timur,” ungkap Zainal.

Dua mahasiswa yang akan menjalankan tugas pengabdian di Bojonegoro adalah Izzam Fardilla dan Muh Nur Faizal, keduanya dari Prodi Ahwal Al-Syakhsiyah.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!