28.8 C
Jakarta

Gali Potensi Daerah melalui Kerjasama Perguruan Tinggi dengan DUDI

Baca Juga:

BATAN, MENARA62.COM – Plt. Dirjen Diktiristek Nizam menyampaikan pentingnya kolaborasi antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) untuk memperkuat perekonomian bangsa. Hal ini disampaikan Nizam saat memberi kuliah umum dihadapan sivitas akademika Universitas Batam pada Sabtu (25/9).

Lebih lanjut Nizam menjelaskan bahwa upaya-upaya kolaborasi antara perguruan tinggi dengan industri penting dilakukan untuk menggali dan mengangkat berbagai potensi sumber daya di Batam untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Perguruan tinggi harus mampu berperan dalam menumbuhkan berbagai potensi daerah yang dapat digarap untuk pengembangan perekonomian baik dari sektor pariwisata, ekonomi kreatif maupun pengembangan UMKM,” jelas Nizam.

Untuk itu Nizam mendorong sivitas akademika perguruan tinggi untuk selalu berinovasi melakukan riset-riset maupun kajian untuk pengembangan potensi daerah. Selain itu, Nizam berharap bahwa berbagai riset ataupun inovasi perguruan tinggi harus mampu menjawab kebutuhan-kebutuhan dunia usaha dan dunia industri sehingga inovasi-inovasi tersebut dapat dihilirkan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Nizam berharap melalu kolaborasi serta sinergi antara perguruan tinggi dengan industri maupun dunia usaha akan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan adaptif terhadap perubahan zaman. Nizam juga berharap dengan kekuatan sumber daya manusia yang unggul akan mampu memperkokoh perekonomian bangsa. “Saya berharap dengan lulusan-lulusan perguruan tinggi yang unggul, kita mampu mewujudkan mimpi Indonesia Emas di tahun 2045,” tutup Nizam.

Pada kesempatan yang sama Rektor Universitas Batam (Uniba) Chabullah Wibisono menjelaskan bahwa Uniba telah melakukan berbagai kerjasama dengan industri, dunia usaha maupun pemerintahan yang ada di Batam. Selain itu, Uniba juga terlibat dalam riset dan kajian khususnya terkait perencanaan kepariwisataan di pulau terluar yang berdekatan dengan negara tetangga.

Pada kunjungan kerja ke Batam, Nizam juga berkesempatan hadir pada Rapat Pimpinan Nasional Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Pada kesempatan ini Nizam berpesan PII dapat senantiasa melakukan peningkatan-peningkatan kualitas dengan berstandar pada standar-standar kompetensi keinsinyuran dunia. Selain itu Nizam juga berharap PII senantiasa berkontribusi pada pembangunan yang berkelanjutan dalam mewujudkan Indonesia Maju

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!