26.2 C
Jakarta

Menteri Nadiem Lepas 970 Mahasiswa Peserta Program IISMA

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Sebanyak 970 mahasiswa dari 98 perguruan tinggi dinyatakan lolos pada seleksi program beasiswa International Student Mobility Award (IISMA) 2021. Mereka akan mengikuti program pertukaran mahasiswa pada 59 perguruan tinggi kelas dunia di 28 negara.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makariem saat melepas keberangkatan para mahasiswa peserta program IISMA berpesan agar dimanapun berada, para mahasiswa harus terus bergerak untuk mewujudkan Merdeka Belajar.

“Di manapun kampus tujuan kalian kemarin terus bergerak mewujudkan Merdeka Belajar,” ujar Nadiem, Senin (9/8/2021).

Menurut Nadiem, lolosnya para mahasiswa dalam program beasiswa IISAM merupakan sebuah prestasi yang sangat membanggakan. Mereka merupakan mahasiswa terpilih dari 2.551 pendaftar.

“Ini menjadi bukti mahasiswa Indonesia dapat meraih kesempatan, meski hidup di masa yang penuh keterbatasan,” lanjutnya.

Dalam pesannya, Menteri Nadiem juga meminta agar para mahasiswa dapat menjalin pertemanan di kampus dimana tinggal. Jalin pertemanan agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

“Kalian harus coba hal-hal yang baru, menjalin pertemanan dengan orang-orang baru, bawa pulang pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat untuk diri dan juga untuk lingkungan sekitar,” pungkas Nadiem.

Program beasiswa IISMA merupakan kerjasama antara Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Para penerima beasiswa adalah mahasiswa S1 dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Mereka akan berada di kampus-kampus asing selama 6 bulan.

Dirjen Pendidikan Tinggi Riset dan Tekologi (Diktiristek), Nizam mengatakan para mahasiswa tidak hanya menuntut ilmu di luar negeri. Tapi mereka juga mesti membangun persahabatan di berbagai negara.

“Saya sangat berharap kalian nanti bisa menjadi duta bangsa, mengenalkan budaya nusantara, menjadi wakil Indonesia di perguruan tinggi di tempat belajar,” kata Nizam .

Oleh karena itu, mahasiswa yang berangkat ke luar negeri sangat perlu menggambarkan keramahtamahan masyarakat Indonesia dan keberagaman Indonesia. Bahkan mereka juga bisa mengenalkan kuliner Indonesia.

“Kenalkan juga pariwisata Indonesia, keindahan alamnya. Ceritakan tentang gunung, tentang danau, tentang laut dan sungai, hijaunya kepulauan dan kehangatan persahabatan bangsa Indonesia,” terang Nizam.

Selain itu, para mahasiswa dapat mengenalkan tarian daerah, bahasa daerah dan segala macam yang menjadi kebanggaan Indonesia. Nizam berharap saat masa pertukaran mahasiswa selesai, para penerima beasiswa IISMA dapat membagikan ilmu yang didapatkan ketika di luar negeri.

“Semoga sehat selalu, sukses selalu saat kembali ke tanah air dalam keadaan sehat dengan berbagai pengalaman yang dapat ditularkan kepada teman-teman lainnya,” tutup Nizam.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!