33 C
Jakarta

Meriah! Semarak Ramadan 1445 H di SD Muhammadiyah PK Kottabarat

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Sebanyak 367 murid kelas 1 – 5 SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo mengikuti kegiatan lomba semarak Ramadan 1445 Hijriah di sekolah setempat, Jl. Dr. Moewardi No. 24, Purwosari, Laweyan, Kota Solo, Selasa (2/4/2024).

Tema kegiatan yang diangkat adalah “Menghidupkan Ramadan dengan Al-Qur’an Menuju Kehidupan Berkemajuan”. Ada tujuh kategori lomba yang dipertandingkan di antaranya lomba azan, tilawah, hifzil Al-Qur’an, khotbah, salat munfarid, Pendidikan Agama Islam (PAI), dan kaligrafi.

Kepala Urusan Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (Ismuba), Tati Kuraesin, menyampaikan tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk melatih kreativitas para murid serta menambah keceriaan menyambut bulan Ramadan 1445 Hijriah.

“Selain melatih murid untuk tetap semangat menjalankan aktivitas dalam keadaan berpuasa, kegiatan ini merupakan salah satu upaya sekolah untuk menemukan bibit-bibit baru yang berkompeten di bidang Ismuba,” terangnya.

Setiap jenis perlombaan didampingi satu guru yang bertindak sebagai penanggung jawab lomba dan tiga guru yang bertugas menjadi tim juri. Penanggung jawab lomba bertugas membuat petunjuk teknis dan kriteria penilaian perlombaan, sedangkan wali kelas bertugas memilih peserta lomba sesuai pilihan para murid dan mengkomunikasikannya kepada orang tua/wali murid.

Salah satu murid kelas III, Hugo Althaf Narendra, merasa senang dan bersemangat dapat mengikuti lomba semarak Ramadan tahun ini.

“Biasanya aku selalu dipilih mengikuti lomba yang bersifat akademik. Kali ini, ustazah memberikan kebebasan kepada kami untuk memilih salah satu cabang lomba yang disukai. Akhirnya, aku putuskan untuk mengikuti lomba kaligrafi,” ucapnya.

Setiap jenis perlombaan akan diambil tiga juara dari kelas bawah (kelas 1, 2, dan 3) dan tiga juara dari kelas atas (kelas 4 dan 5). Pembagian hadiah akan diberikan kepada para pemenang saat kegiatan halalbihalal yang akan dilangsungkan pada hari Rabu, 17 April 2024. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!