23.9 C
Jakarta

MPI Surakarta Studi ke Museum Muhammadiyah

Baca Juga:

 

 

YOGYAKARTA, MENARA62.COM – Majelis Pustaka, Seni Budaya dan Informasi PDM Kota Surakarta melakukan kunjungan dalam rangka sharing (diskusi) dalam pengelolaan museum Muhammadiyah yang berada di Universitas Ahmad Dahlan, Sabtu (07/01). Kunjungan ini diterima langsung oleh pengurus MPI Pusat periode 2015-2020 Hj.Widyastuti,S.S.M.Hum selaku wakil ketua dan ketua Museum Muhammadiyah Affan Kurniawan,ST,MT. Rombongan pengurus MPI PDM Kota Surakarta yang dipimpin oleh Muhdiyatmoko mengunjungi Museum Muhammadiyah untuk melihat secara langsung koleksi sekaligus diskusi terkait tata pengelolaan museum sebagai tempat rekreasi sekaligus edukasi bagi masyarakat.

Widyastuti,S.S M.Hum dalam pemaparan ketika diskusi menyampaikan bahwa kekuatan konsep museum Muhammadiyah ada dalam kekuatan narasi. “Muhammadiyah kaya akan narasi yang memberikan inspirasi bagi kemajuan kehidupan bangsa. Kekuatan narasi harus disosialisasikan kepada publik dalam rangka memberikan pencerahan dan inspirasi bagi umat,” ujar Widyastuti. Kekuatan Narasi diwujudkan dalam pembuatan story line dan story board di Museum Muhamamdiyah agar bisa berfungsi sebagai tempat edukasi dan rekreasi bagi umat dan masyarakat bangsa. Sementara itu, Affan Kurniawan selaku ketua Museum Muhammadiyah menjelaskan bahwa kunjungan masyarakat di Museum Muhammadiyah terhitung tinggi bagi sebuah museum yang baru berdiri. Apalagi pemesanan tiket kunjungan bersifat online yang akan mempermudah akses masyarakat untuk berkunjung ke museum. Pengelolaan museum dilakukan secara profesional sehingga struktur kepengurusan museum Muhammadiyah di Universitas Ahmad Dahlan dengan deskripsi job masing-masing bagian dilakukan secara jelas.

Muhdiyatmoko, selaku ketua Majelis Pustaka, Seni Budaya dan Informasi PDM Surakarta dalam sambutannya ketika di kompleks museum berharap kunjungan ini dapat memberikan inspirasi dan semangat baru untuk terus melakukan perubahan-perubahan. “Terlebih di era digital saat ini bagaimana kita bisa memanfaatkan teknologi untuk mempermudah dan mengembangkan fungsi museum. Kebetulan saat ini pula, kami di PDM Kota Surakarta sudah mulai merintis berdirinya Museum Muhammadiyah Kota Surakarta. Semoga ke depan Museum Muhammadiyah pusat dan daerah bisa berkolaborasi untuk saling memberikan dukungan untuk mewujudkan museum yang memiliki fungsi edukasi dan pencerahan bagi umat,”ungkapnya. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!