25.7 C
Jakarta

P2AD UMS Buat Panel Listrik di SMK M 1 Klaten Utara

Baca Juga:

 

KLATEN, MENARA62.COM – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjalankan Pengabdian Masyarakat Persyarikatan/AUM/Desa Binaan (P2AD) berupa pembuatan panel listrik di SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara yang terbagi menjadi 5 tahapan selama 6 bulan.

Pada kesempatan itu menghadirkan narasumber : Hasyim Asyari; Prof. Sarjito; Muhammad Kusban; Pratomo Budi Santoso; Irma Yuliana dan Mila Faila Sufa serta Tim Mahasiswa Teknik Elektro UMS.

Ketua Tim P2AD Hasyim Asyari berharap melalui kegiatan P2AD ini dapat meningkatkan “knowledge” dan “skill” bagi guru dan siswa prodi Teknik Tenaga Listrik dalam pembuatan panel listrik dan instalasi sel surya sehingga pengetahuan dan skill bisa ditransfer ke siswa SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara dengan hasil akhir siswa SMK Muhammadiyah 1 Klaten utara sudah siap berkompetisi di dunia industri maupun jasa konstruksi

“Kegiatan P2AD yang diselenggarakan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keahlian dalam pembuatan dan instalasi panel surya bagi SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara ini,” kata Hasyim Asyari, Jumat (18/3)

Kegiatan P2AD ini berlangsung dalam 5 tahap tatap muka sebagai berikut pertemuan pertama hari Kamis, 3 Febuari 2022. Pertemuan itu berlangsung di kelas karena perlu menjelaskan dari awal terkait panel listrik. Pertemuan kedua Rabu 9 Februari 2022 masih di kelas menjelaskan tentang penentuan luas penampang kabel terkait kemampuan hantar arus.

Kegiatan ketiga Sabtu, (26/2) melibatkan 50 anak dan 50 lab (mengevaluasi panel listrik yang dibuat oleh SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara). Kegiatan ke 4 dan ke 5, Maret dilakukan di lab untuk membuat panel listrik sesuai dengan aturan yang berlaku yaitu Peraturan Umum Instalasi Listrik (PUIL)

Target luaran kegiatan pengabdian ini berupa : 1. Peningkatan kompetensi SDM SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara dalam pembuatan panel listrik dan instalasi sel Surya, 2. Pembuatan buku modul, “Pembuatan panel listrik dan instalasi Panel Surya” (Brondy)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!