28.6 C
Jakarta

PW ‘Aisyiyah Jawa Tengah Ikut Dalam Ekspedisi Destana Tsunami 2019

Baca Juga:

SEMARANG, MENARA62.COM — PW ‘Aisyiyah Jawa Tengah Ikut Dalam Ekspedisi Destana Tsunami 2019. Kegiatan Ekspedisi Desa Tangguh Bencana (Destana) Tsunami 2019, merupakan program yang diselenggarakan Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ekspedisi Destana bertujuan memotret kesiapsiagaan dari desa-desa yang termasuk ke dalam wilayah ancaman tsunami di sepanjang pantai selatan Jawa, melintasi 584 desa rawan tsunami di 24 Kabupaten/Kota dan 5 Provinsi.

Kegiatan ini melibatkan sejumlah kementerian, perangkat daerah setempat, serta organisasi/lembaga kebencanaan Indonesia, salah satunya Lembaga Penanggulangan Bencana / Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah dan Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Tengah.

Saat ini, Ekspedisi Destana Tsunami telah menyelesaikan kegiatan di Segmen Jawa Tengah melintasi tiga Kabupaten: Kabupaten Purworejo, Kebumen dan Cilacap. Segmen Jawa Tengah ini berlangsung selama delapan hari yang dimulai pada tanggal 25 Juli 2019 dan berakhir pada 01 Agustus 2019. Berkolaborasi dengan Lembaga Penanggulangan Bencana/Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, LLHPB Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah bersama LLHPB Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah, semua unsur Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) putri. Selain itu, seluruh unsur Persyarikatan Muhammadiyah yang ada di Kabupaten Purworejo, Kebumen dan Cilacap juga telah terlibat aktif dalam penyelenggaraan Ekspedisi Destana Tsunami 2019. Mereka terlibat dengan ragam kegiatan sebagai berikut:

1.  Kabupaten Purworejo
  • Ngaji Tsunami dan pemutaran film dokumenter tentang tsunami di Masjid Jami’ Al Hasanah, Jatimalang,
  • Pengobatan Gratis yang di RSU Aisyiyah Purworejo kepada masyarakat sekitar Jatimalang, Purworejo
2.  Kabupaten Kebumen
  • Ngaji Tsunami di Masjid Al Aziz, Desa Ambal dan Mathlabussalam Tambakmulya, Puring, Kebumen.
  • Sosialisasi Kesiapsiagaan Tsunami di SD IT Lukmanul Hakim Puring Kebumen
  • Pengobatan gratis yang dilaksanakan oleh RS PKU Muhammadiyah Sruweng Kebumen
3. Kabupaten Cilacap
  • Ngaji Tsunami di Mushola SMPN 1 Binangun,
  • Pengobatan Gratis bagi masyarakat di Balai Desa Widarapayung Wetan, Kecamatan Binangun, bersama MPKU PDM Cilacap dan LPB/MDMC PDM Kabupaten Cilacap.

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!