32.1 C
Jakarta

FT UNIMMA Luncurkan Program Home Learning Indonesia

Baca Juga:

 

MAGELANG, MENARA62.COM – Program studi (prodi) Teknologi Informasi D3, Fakultas Teknik (FT) meluncurkan aplikasi HLI (Home Learning Indonesia) pada Senin (28/11). Dihadiri oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota dan Kabupaten Magelang, Dinas Pendidikan Kota dan Kabupaten Magelang, Kepala Sekolah tingkat SD, SMP dan SMA di wilayah Magelang dan mahasiswa FT UNIMMA, acara digelar di Auditorium Kampus 1 UNIMMA.

Yun Arifatul Fatimah, Ph.D, Dekan FT UNIMMA dalam laporannya mengatakan bahwa program HLI merupakan bagian penting dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Fakultas Teknik. “Dan juga merupakan produk inovasi mahasiswa dan dosen Teknologi Informasi yang berkolaborasi dengan industri IT, PT Hayuning Indo Tech yang merupakan perusahaan internasional,” jelasnya.

Disebutkan pula bahwa program tersebut didukung oleh pendanaan Kemenristekdikti melalui program Kedaireka hibah Matching Fund Vokasi 2022. “Home Learning Indonesia adalah sebuah platform pembelajaran berbasis block chain, web 3.0 dan metaverse dengan tujuan untuk menyiapkan learning management system yang unggul melalui pembelajaran yang lebih modern, terstruktur, terintegrasi, dan efisien,” tambah Dekan FT.

HLI sudah melalui proses pengujian dengan fitur integrasi virtual meet menggunakan platform DGP Meet dan pemanfaatan block chain dalam menangani big data. Selain itu, HLI sudah diuji coba melalui pilot project pada beberapa sekolah dan siap untuk dilaunching dan diimplementasikan.

Produk HLI dilaunching langsung oleh Dr. H. Tafsir, M.Ag, Ketua PWM Jateng yang sekaligus membuka acara. “PWM menyampaikan apresiasi kepada UNIMMA dan Fakultas Teknik yang hari ini launching HLI. Semoga ini bagian dari membangun paham Islam yang berkemajuan, yang progresif,” ujarnya.

Ke depan, UNIMMA berharap agar HLI menjadi rujukan dan model untuk platform pembelajaran di Indonesia dan akan dikembangkan sebagai startup unggulan untuk Fakultas Teknik. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!