26.4 C
Jakarta

Kick Off Program Beasiswa BPKH-Lazismu

Baca Juga:

 

YOGYAKARTA, MENARA62.COMLazismu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menggelar acara Kick Off Program Beasiswa BPKH-Lazismu pada Jum’at (11/02) di Ruang Sidang AR Fakhrudin A Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Acara ini dihadiri oleh Ketua Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah, Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), dan perwakilan para penerima beasiswa.

Dalam sambutannya, Dr. Mahli Zainuddin Tago, M.Si. selaku Ketua Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah mengucapkan terima kasih kepada BPKH yang telah menyalurkan banyak program melalui Lazismu, baik program-program yang berupa kemitraan maupun program-program yang merupakan inisiatif dari keluarga besar Muhammadiyah. Ia menjelaskan, program Beasiswa Sang Surya yang bekerja sama dengan BPKH ini merupakan pilot project.

“Ini merupakan pilot project, untuk tahap awal ada 60 penerima, 30 mahasiswa UMY dan 30 mahasiswa UMJ. Untuk tahap awal ini penerimanya adalah dikhususkan bagi mahasiswa Fakultas Agama Islam,” jelas Mahli.

Mahli juga berpesan kepada para mahasiswa agar terus menggiatkan semangat berbagi. “Suka berbagi artinya adalah berbagi ilmu, berbagi tenaga, berbagi pikiran untuk orang-orang yang membutuhkan. Mungkin di kampus ini anda sebagai mahasiswa yang sedang belajar, tapi di tengah masyarakat ilmu yang anda miliki itu banyak dibutuhkan,” pesannya.

Mewakili BPKH, Dr. Rahmat Hidayat, S.E., M.T. mengungkapkan bahwa alasan BPKH bermitra dengan Muhammadiyah dalam hal bantuan pendidikan ini adalah dengan melihat besarnya perhatian Muhammadiyah dalam dunia pendidikan. Bagi BPKH, menurutnya, pendidikan yang dilakukan oleh pimpinan Muhammadiyah di seluruh wilayah Indonesia itu adalah bagian dari ikhtiar untuk menyiapkan generasi yang kuat.

“Salah satu tantangan umat Islam adalah kurangnya kualitas pendidikan. Kami melihat salah satu ormas yang luar biasa adalah Muhammadiyah, yang punya perhatian yang sangat luar biasa, bagaimana menyiapkan generasi-generasi umat yang hebat, generasi-generasi yang cemerlang. Oleh karena itu, kami atas nama pimpinan BPKH menyambut baik ikhtiar pimpinan Muhammadiyah bagaimana terus mendorong peningkatan kualitas pendidikan umat,” terangnya.

Rahmat pun menambahkan, pihaknya berharap dukungan dari para penerima beasiswa untuk turut menyukseskan program Haji Muda yang digagas BPKH. “Diharapkan adik-adik juga bisa menjadi duta BPKH untuk menyukseskan salah satu program BPKH, yaitu Haji Muda,” imbuhnya.

Dekan Fakultas Agama Islam UMJ, Dr. Sopa, M.Ag. mengungkapkan, beasiswa yang diberikan tersebut sangat berarti bagi mahasiswa agar bisa melanjutkan pendidikan sampai selesai. Ia pun berharap agar para mahasiswa tersebut dapat menjadi pemberi beasiswa di masa depan. “Dana beasiswa tadi sangat berarti bagi mahasiswa kami untuk melanjutkan studinya sehingga bisa selesai. Dan dengan selesainya studi nanti, insyaAllah kita doakan mudah-mudahan mahasiswa kita yang tadinya menjadi penerima beasiswa di masa mendatang akan menjadi pemberi beasiswa,” harapnya.

Sopa juga menghimbau kepada para mahasiswa penerima beasiswa agar dapat menunjukkan kinerja yang baik. Ia juga menambahkan, “Ke depan anda bisa berprestasi dan menjadi duta-duta, terutama sebagai bentuk terima kasih kepada BPKH, yaitu anda ada sumbangsih untuk mengenalkan, kemudian memasyarakatkan yang berkaitan dengan BPKH ini.”

Rektor UMY, Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto M.P., IPM. juga mengajak para mahasiswa untuk mensyukuri beasiswa yang diberikan oleh BPKH melalui Lazismu ini. “Kalau perspektifnya dari rupiah, tidak ada artinya. Tetapi berapa pun rupiah yang anda terima, kalau itu anda pandang dari perspektif keberkahan atas ridha Allah kepada upaya yang sudah anda lakukan selama ini, maka itu suatu hal yang patut kita syukuri dan meningkatkan semangat kita bersama untuk selalu mengembangkan diri menghadapi masa depan,” ajaknya.

Gunawan juga mengucapkan terima kasih kepada BPKH atas inovasi pengembangan program dari BPKH yaitu peningkatan kualitas sumber daya insani melalui beasiswa ini. “Ini menjadi satu hal yang sangat penting dikarenakan sebagian dari dana umat Islam juga bisa dikembalikan kepada calon-calon pemimpin bangsa yang memiliki prestasi akademik dari beberapa perguruan tinggi. Juga tidak menutup kemungkinan nanti kepada level pascasarjana. Suatu kemanfaatan yang luar biasa atas dana umat yang dikelola BPKH,” ucapnya.

Acara yang berlangsung secara hybrid ini pun ditandai dengan serah terima bantuan program Beasiswa Sang Surya dari BPKH yang diwakili oleh Dr. Rahmat Hidayat, S.E., M.T. kepada Ketua Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah, Dr. Mahli Zainuddin Tago, M.Si. secara virtual. Serah terima ini dirangkai dengan penyerahan beasiswa secara simbolis kepada perwakilan penerima beasiswa dan penyematan Duta Haji.

[PR Lazismu PP Muhammadiyah]
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!