34 C
Jakarta

Pendukung Jurnalisme Alexei Navalny

Kasus Alexei Navalny (2)

Baca Juga:

Sumber-sumber Meduza mengatakan bahwa mereka memperkirakan kisah kematian Navalny akan segera “mereda” di Rusia.  Kondisi ini, menunjukkan bahwa banyak pendukungnya yang paling vokal sekarang berada di pengasingan dan media pemerintah akan memoles narasi kematiannya. Setelah berita itu tersebar pada hari Jumat, beberapa pelayat turun ke jalan untuk memprotes, atau sekadar meletakkan bunga; sejumlah orang ditangkap, termasuk setidaknya tiga wartawan.

Menurut Steve Rosenberg, editor BBC Rusia, beberapa surat kabar Rusia pagi ini sama sekali tak menyebut nama Navalny. Salah satu yang memuat berita tersebut di bawah berita tentang pisang dari Ekuador dan perjalanan belanja Carlson di Moskow.

Sebaliknya, di Barat, kematian Navalny menjadi berita besar, dan reaksinya adalah kemarahan (seperti yang telah diperkirakan oleh sumber-sumber Meduza). Beberapa jam setelah diumumkan, Yulia Navalnaya, istri Navalny, berpidato di sebuah konferensi keamanan internasional di Munich.

Ia mengatakan bahwa dirinya belum tahu apakah akan mempercayai berita tersebut, tetapi jika berita itu benar, “Saya ingin Putin dan semua orang di sekelilingnya, teman-temannya, dan pemerintahnya, tahu bahwa mereka akan bertanggung jawab atas apa yang telah mereka lakukan terhadap negara kami, keluarga saya, dan suami saya” – dan bahwa “hari pembalasan akan segera tiba.”

Dalam sebuah pesan video dari Gedung Putih, Presiden Biden menyatakan, apa pun yang secara spesifik terjadi pada Navalny, “Putin dan para preman” tidak diragukan lagi harus disalahkan. Di media, penghormatan mengalir deras, termasuk dari para jurnalis yang mengenal Navalny.

Di MSNBC, Mikhail Zygar yang emosional, seorang jurnalis yang pernah berkorespondensi dengan Navalny di penjara, menyebutnya sebagai “pahlawan super demokratis,” yang selalu percaya pada “hak asasi manusia, kebebasan berbicara, dan kemungkinan keadilan yang adil,” terlepas dari sinisme terhadap Rusia modern dan pemerintahan Putin.

Beberapa dari mereka yang memberikan penghormatan juga menunjukkan bahwa selain menjadi pemimpin oposisi dan kritikus Putin, Navalny juga seorang jurnalis – meskipun mereka (seperti Navalny sendiri ketika masih hidup) tidak mengatakannya secara eksplisit.

Masha Gessen dari The New Yorker menulis bahwa, setelah pernah mendukung politik etno-nasionalis, Navalny “menemukan agenda dan suara politiknya dalam mendokumentasikan korupsi” -mendirikan media daringnya sendiri karena frustrasi “karena para jurnalis tak mengikuti arahannya atau melakukan investigasi sendiri,” dan pada prosesnya melahirkan “satu generasi media investigasi Rusia yang independen, yang sebagian besar masih bekerja di pengasingan.”

Bagi Anne Applebaum dari The Atlantic, “bakat luar biasa” Navalny adalah “dia bisa mengambil fakta-fakta kleptokrasi yang kering-angka-angka dan statistik yang biasanya membebani jurnalis keuangan terbaik sekalipun-dan membuatnya menghibur.”

Sebagian, Putin membunuhnya “karena kemampuannya untuk menjangkau orang-orang dengan kebenaran, dan karena bakatnya untuk menerobos kabut propaganda yang sekarang membutakan orang-orang sebangsanya, dan beberapa dari kita juga.”

Saya pertama kali menulis tentang jurnalisme Navalny pada tahun 2020, setelah ia diracun. Pada tahun-tahun sebelumnya, Yayasan Anti-Korupsinya telah menerbitkan investigasi menarik yang mengungkap manuver keuangan yang teduh dari tokoh-tokoh yang terkait dengan Putin, termasuk sebuah cerita eksplosif tentang Dmitry Medvedev, yang saat itu menjabat sebagai perdana menteri, yang berkisar pada pembelian sepasang sepatu kets Nike yang mencolok.

Setelah diracun, Navalny dan yayasannya bekerja sama dengan para jurnalis dari situs investigasi terbuka Bellingcat dan media lainnya, untuk mengungkap para peracun, yang berujung pada sebuah panggilan telepon yang luar biasa. Ia mendapat informasi tentang seorang agen pemerintah Rusia yang membeberkan rincian plot kepada Navalny, yang menyamar sebagai birokrat. Adegan dramatis itu terekam kamera dan kemudian ditayangkan di Navalny, sebuah film dokumenter yang semakin mengangkat profil internasionalnya dan kemudian memenangkan Oscar.

Daniel Roher, pembuat film asal Kanada yang membuat film dokumenter tersebut, mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa ketika tiba saatnya untuk membuat film, Navalny “tahu persis apa yang dia lakukan.”

1) Jurnalisme Alexei Navalny <<  >> 3) Penangkapan Navalny 4) Pesan dan Penyelidikan Untuk Navalny

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!